Cefotaxime

Definisi Obat

Cefotaxime adalah obat yang digunakan untuk membunuh bakteri yang memicu infeksi, diantaranya septikemia (infeksi dalam darah), meningitis, peritonitis (infeksi pada selaput yang melapisi rongga perut), serta osteomielitis (infeksi pada tulang).
Cefotaxime juga digunakan untuk mencegah infeksi pada orang menjalani operasi.
Karena manfaatnya untuk membasmi bakteri, antibiotik ini tidak efektif untuk mengobati infeksi akibat virus, seperti flu atau pilek.

Cefotaxime Dikembangkan oleh Hoechst-Roussel Farmasi di akhir 1980-an, Cefotaxim merupakan salah satu obat antibiotik sefalosporin generasi ketiga.sefotaksim adalah antibiotik spektrum luas dengan aktivitas terhadap berbagai bakteri gram positif dan gram negatif

Cefotaxim hanya tersedia dalam bentuk obat suntik dan umumnya diberikan oleh dokter atau perawat. Konsultasikan kepada dokter guna memastikan merek dan dosis cefotaxim yang efektif untuk mengatasi jenis infeksi yang anda alami

cefotaxime images

Contoh obat generik cefotaxime

Nama Generik Cefotaxime (SEF oh TAX eem)
Nama Merek Dagang Claforan, Claforan ADD-Vantage
Jenis Obat Antibiotik sefalosporin
Golongan Obat Obat Keras, Obat Resep
Dikonsumsi Untuk Dewasa dan anak-anak
Bentuk Sediaan Obat suntik
Indikasi – Mengobati infeksi akibat bakteri
– Mencegah infeksi pada luka operasi
Kontra Indikasi

Dosis Obat

Cefotaxim diberikan oleh dokter disesuaikan dengan jenis infeksi, tingkat keparahan, serta riwayat dan kondisi kesehatan pasien secara keseluruhan. Karena itu, dosis untuk pasien bisa berbeda-beda.

loading...

Takaran cefotaxim umum yang disarankan untuk menangani infeksi adalah 2 gram per hari. Tetapi untuk pasien dengan infeksi yang parah, dosis cefotaxim akan ditambah hingga 12 gram per hari yang terbagi dalam 3-4 kali pemberian.

Cara Menggunakan Obat Yang Baik dan Benar

Gunakanlah cefotaxim sesuai anjuran dokter. Selama menggunakan cefotaxim, kondisi pasien akan dipantau secara seksama oleh dokter. Langkah ini akan membantu dokter untuk mengetahui perkembangan kondisi Anda sekaligus keefektifan antibiotik tersebut.

Penggunaan cefotaxim berpotensi menurunkan sistem kekebalan tubuh. Karena itu, menjauhlah dari orang-orang yang mengalami infeksi, pastikan tangan Anda bersih sebelum menyentuh mata, hidung, atau mulut, serta periksakan diri ke dokter jika ada indikasi ganjil yang Anda alami.

Efek Samping Obat

Cefotaxim akan menimbulkan beberapa efek samping yang mungkin terjadi, antara lain : Pusing, Kejang-kejang, Demam, Ruam kulit dan Diare.

Segera hubungi dokter jika Anda mengalami alergi atau efek samping yang berkelanjutan serta gejala yang tidak kunjung membaik.

Penggunaa’an Obat Untuk Wanita Hamil

Wanita yang sedang hamil dianjurkan untuk menghindari cefotaxim, kecuali atas anjuran dokter.
Penggunaan cefotaxim untuk ibu menyusui harus dilakukan dengan pemantauan secara seksama oleh dokter.

Peringatan dan Perhatian

  • Pasien yang mengalami pusing setelah menggunakan cefotaxim sebaiknya tidak mengemudi atau mengoperasikan alat berat.
  • Hindari konsumsi serta penggunaan obat lain (termasuk obat-obatan herbal) selama menggunakan cefotaxim.
  • Harap berhati-hati bagi yang menderita gangguan darah, gangguan sumsum tulang, diare yang parah, gangguan ritme jantung, gangguan pencernaan (khususnya kolitis), serta gangguan ginjal.
  • Segera hubungi dokter, bila terjadi reaksi alergi atau overdosis
loading...
daftar nama obat generik dan paten | daftar nama obat paten | daftar nama obat generik serta nama patennya | sefotaksim | harga cefotaxime | contoh obat generik dan paten golongan sefaloskorin | nama paten obat cefotaxim | nama dagang cefotaxime | nama nama obat paten beserta harganya | nama paten cefotaxim |
Cefotaxime Khabib M 24 Mei 2016. Cefotaxime

Definisi Obat Cefotaxime adalah obat yang digunakan untuk membunuh bakteri yang memicu infeksi, diantaranya septikemia (infeksi dalam darah), meningitis, peritonitis (infeksi pada selaput yang melapisi rongga perut), serta osteomielitis (infeksi pada tulang). Cefotaxime juga digunakan untuk mencegah infeksi pada orang menjalani operasi. Karena manfaatnya untuk membasmi bakteri, antibiotik ini tidak efektif untuk mengobati infeksi akibat […]

4.9 Khabib M
One Comment

Kolom Tanya Jawab

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *