Indeks_Obat A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z

Cefoperazone

Definisi Obat

Cefoperazone adalah salah satu jenis antibiotik yang berfungsi untuk mengobati infeksi yang disebabkan bakteri Pseudomonas, Beberapa infeksi bakteri yang bisa diobati dengan Cefoperazone, antara lain: Infeksi saluran pernapasan, Meningitis, Infeksi, Kolesistitis dan kolangitis, Septikemia, Gonore.

Cefoperazone merupakan antibiotik sefalosporin generasi ketiga, dipasarkan oleh Pfizer dengan nama Cefobid. Ini adalah salah satu dari beberapa antibiotik sefalosporin efektif dalam mengobati Pseudomonas infeksi bakteri yang dinyatakan resisten terhadap antibiotik tersebut.

Cefoperazone biasanya dijual sebagai co-formulasi dengan sulbaktam. Cefoperazone diberikannya efek bakterisida yang dengan menghambat sintesis dinding sel bakteri, dan sulbaktam bertindak sebagai inhibitor beta-laktamase, untuk meningkatkan aktivitas antibakteri cefoperazone terhadap organisme beta-laktamase.

gambar obat cefoperazone

Contoh Obat Generik Berlogo Cefoperazone Produksi PT.Dankos Farma

Nama Generik Cefoperazone
Nama Merek Dagang Cefobid,cefoperazone,sulbaktam
Jenis Obat Antibiotik Sefalosporin
Golongan Obat Obat Keras, Obat Resep
Dikonsumsi Untuk Dewasa, anak-anak
Bentuk Sediaan Tersedia dalam kemasan Obat suntik
Indikasi Mengobati infeksi serius akibat bakteri
Kontra Indikasi Jangan digunakan bagi penderita yang memiliki riwayat hipersensitif (Alergi) terhadap obat ini

Cara Kerja Obat

Cefoperazone bekerja dengan cara mencegah proses sintesis dinding sel bakteri

Dosis Obat

Dosis cefoperazone akan disesuaikan dengan jenis infeksi, tingkat keparahannya, serta riwayat dan kondisi kesehatan pasien. Oleh sebab itu, dosis untuk tiap pasien bisa berbeda-beda.

Umumnya dosis cefoperazone bagi orang dewasa adalah 2-4 gram per hari, dibagi menjadi dua dosis yang diberikan setiap 12 jam. Jika infeksinya cukup parah, dokter biasanya akan meningkatkan dosis menjadi 8 gram per hari yang dibagi menjadi tiga dosis. Dan dosis maksimal adalah 16 gram per hari.

Cara Menggunakan Cefoperazone Dengan Baik dan Benar

Bacalah petunjuk pada kemasan obat dan mengikuti anjuran dokter dalam mengonsumsi cefoperazone. Jangan menambahkan atau mengurangi dosis tanpa izin dokter.

Jangan menyuntikkan ceforeperazone tanpa pengawasan dari dokter atau petugas medis. Pemeriksaan kondisi kesehatan secara rutin juga dianjurkan. Langkah ini akan membantu dokter untuk memantau perkembangan kondisi Anda serta tingkat keefektifan obat.

Selesaikanlah semua dosis pengobatan yang diresepkan dokter meski infeksi terasa membaik, guna memastikan bakteri penyebab infeksi musnah sekaligus mencegah kambuhnya infeksi.

Efek Samping Obat

Beberapa efek samping ceforeperazone yang umumnya terjadi antara lain : Muntah, Sariawan, Infeksi jamur pada vagina, Diare, dan Menurunnya kadar protein pembeku darah atau protrombin.

Segera Hubungi dokter bila mengalami efek samping antara lain:

  • Perdarahan.
  • Anemia.
  • Fungsi hati tidak normal yang kadang tampak pada kulit dan mata kuning.
  • Menurunnya trombosit dan perdarahan.
  • Reaksi alergi seperti kulit memerah atau eritema multiforme, ruam disertai gatal, hingga reaksi yang lebih parah seperti kulit melepuh di berbagai bagian tubuh (Stevens-Johnson Syndrome).
  • Gangguan ginjal.

Penggunaa’an Obat Untuk Wanita Hamil

Wanita yang sedang merencanakan kehamilan, sedang hamil, atau menyusui, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi cefoperazone.

Peringatan dan Perhatian

  • Harap berhati-hati bagi yang sedang mengidap gangguan fungsi ginjal, empedu dan hati, akan menjalani pemeriksaan darah dan glukosa urine, serta sedang mendapatkan nutrisi parenteral.
  • Bagi pasien yang alergi terhadap penisilin atau sefalosporin sebaiknya tidak mengonsumsi cefoperazone.
  • Dianjurkan tidak mengemudikan kendaraan atau mengoperasikan alat berat, karena cefoperazone bisa menyebabkan sakit kepala.
cefoperazone adalah |
Cefoperazone medlineplus.gov 17 Jun 2016. Cefoperazone

Definisi Obat Cefoperazone adalah salah satu jenis antibiotik yang berfungsi untuk mengobati infeksi yang disebabkan bakteri Pseudomonas, Beberapa infeksi bakteri yang bisa diobati dengan Cefoperazone, antara lain: Infeksi saluran pernapasan, Meningitis, Infeksi, Kolesistitis dan kolangitis, Septikemia, Gonore. Cefoperazone merupakan antibiotik sefalosporin generasi ketiga, dipasarkan oleh Pfizer dengan nama Cefobid. Ini adalah salah satu dari beberapa […]

4.9

Kolom Tanya Jawab

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *



© 1001obat.com tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan, Seluruh tulisan di website ini ditujukan untuk kepentingan informasi semata dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti saran medis, diagnosis, dan terapi medis. 1001obat.com Tidak melayani jual beli obat ataupun peralatan medis lainnya