Bromelain

loading...

Definisi Obat

Dalam dunia medis, bromelain merupakan salah satu dari komposisi obat saluran pencernaan. Obat-obatan ini umumnya digunakan untuk mengatasi kekurangan enzim bromelain, perut kembung, serta kolitis ulseratif.

Bromelain adalah enzim protease yang membantu proses pencernaan protein. Meski ada di semua bagian tanaman segar dan buah. Nanas merupakan jenis makanan yang mengandung enzim ini. Bagian dari buah nanas yang paling kaya bromelain adalah bagian batang.
bromelain supplement
Istilah “bromelain” dapat merujuk pada salah satu dari dua enzim protease yang diambil dari tumbuhan keluarga Bromeliaceae, atau mungkin mengacu pada kombinasi enzim tersebut bersama dengan senyawa lain yang diproduksi dalam ekstrak.

Meskipun diuji dalam berbagai obat rakyat dan model penelitian untuk kemungkinan khasiatnya terhadap penyakit, aplikasi klinis bromelain yang disetujui hanya dikeluarkan pada tahun 2012 oleh European Medicines Agency untuk obat topikal yang disebut NexoBrid yang digunakan untuk mengangkat jaringan yang mati pada luka bakar kulit yang parah.

Jenis Obat Digestif
Golongan Obat Obat bebas dan obat resep
Dikonsumsi Untuk Dewasa dan anak-anak
Bentuk Sediaan Tablet, sirup kering
Indikasi – Mengatasi kekurangan enzim bromelain
– Menangani gangguan pencernaan
Kontra Indikasi Jangan digunakan bagi penderita yang memiliki riwayat hipersensitif (Alergi) terhadap obat ini

Dosis Obat

Penentuan dosis suplemen bromelain tergantung pada tingkat keparahan defisiensi serta respons tubuh pasien terhadap suplemen bromelain. Tiap merek obat juga umumnya memiliki kandungan bromelain yang berbeda. Karena itu, gunakanlah atas petunjuk dokter.

Cara Minum Obat Yang Baik dan Benar

Selama mengonsumsi suplemen bromelain, beri tahu dokter sebelum menjalani penanganan medis apa pun (terutama untuk prosedur operasi). Enzim ini berpotensi meningkatkan risiko perdarahan. Hentikan konsumsi bromelain setidaknya 14 hari sebelum operasi.

Minumlah suplemen bromelain sesuai keterangan pada kemasan. Jika Anda ragu, tanyakanlah pada dokter. Suplemen bromelain sebaiknya dikonsumsi bersama makanan.

Bagi pasien yang lupa mengonsumsi suplemen bromelain, disarankan segera meminumnya begitu teringat. Jangan menggandakan dosis bromelain pada jadwal berikutnya untuk mengganti dosis yang terlewat.
Anda juga dianjurkan untuk menjalani pemeriksaan rutin ke dokter jika mengalami defisiensi bromelain. Langkah ini berguna untuk memantau perkembangan kondisi serta keefektifan suplemen bromelain.

Efek Samping Obat

Sama seperti obat-obat lain, semua obat pasti berpotensi efek samping, namun reaksi orang terhadap sebuah obat berbeda-beda.
Jika dikonsumsi dengan takaran yang sesuai anjuran, suplemen bromelain jarang menyebabkan efek samping. Pada sebagian pengguna, konsumsi suplemen bromelain berpotensi memicu diare dan sakit perut.

Pastikan untuk membaca bahan yang terkandung pada tiap obat. Jangan mengonsumsi lebih dari satu suplemen yang mengandung bromelain secara bersamaan untuk menghindari overdosis.

Peringatan dan Perhatian

  • Hubungi dokter bila merasakan gejala-gejala efek samping yang tidak wajar, tidak kunjung sembuh atau gejala buruk lainnya yang anda curigai berhubungan dengan obat ini.
  • Wanita yang sedang merencanakan kehamilan, hamil, atau menyusui dianjurkan bertanya pada dokter sebelum mengonsumsi suplemen bromelain.
  • Tanyakan dosis untuk bayi dan anak-anak pada dokter.
  • Harap berhati-hati mengonsumsi suplemen bromelain jika sedang mengonsumsi antibiotik atau obat antikoagulan.
daftar obat | obat yang mengandung bromelain | chlorpromazine yang dijual bebas di apotik | daftar obat baru diinndomesia 2016 | daftar obat bebas terlaris | harga bromelin | merek dagang enzim protease | obag yg mengandung brom | obat bromolin |
Bromelain Khabib M 13 Jul 2017. Bromelain

Definisi Obat Dalam dunia medis, bromelain merupakan salah satu dari komposisi obat saluran pencernaan. Obat-obatan ini umumnya digunakan untuk mengatasi kekurangan enzim bromelain, perut kembung, serta kolitis ulseratif. Bromelain adalah enzim protease yang membantu proses pencernaan protein. Meski ada di semua bagian tanaman segar dan buah. Nanas merupakan jenis makanan yang mengandung enzim ini. Bagian […]

4.9 Khabib M
loading...

Kolom Tanya Jawab

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...