Bisacodyl

Definisi Obat

Bisacodyl adalah Obat pencahar (laxative) yang digunakan untuk mengatasi sembelit (konstipasi) dengan cara merangsang otot-otot usus besar untuk mengeluarkan kotoran.
Konstipasi (Sembelit) adalah suata kondisi yang membuat frekuensi buang air besar kita menjadi di bawah normal atau jarang (kurang dari tiga kali per minggu) dan tekstur tinja keras.

Penyebab sembelit bisa bermacam-macam, diantaranya akibat kita kurang minum air, mengonsumsi makanan yang tidak sehat, suka menahan buang air besar, dan kurang olah raga.
Selain itu konstipasi juga bisa disebabkan oleh efek samping konsumsi obat pereda rasa sakit dan kehamilan.

Selain untuk mengatasi sembelit, Bisacodyl biasanya juga digunakan untuk untuk mengosongkan perut sebelum operasi, colonoscopy, x-ray, atau pemeriksaan medis lainnya.

Bisacodyl adalah derivat trifenil metana yang termasuk obat pencahar jenis stimulan motilitas usus. Bisacodyl merupakan turunan dari trifenilmetana. bisacodyl pertama kali digunakan sebagai pencahar pada tahun 1953 karena kesamaan struktural untuk fenolftalein.

gambar obat bisacodyl

Contoh Obat Bermerek Bisacodyl – Dulcolax

Nama Generik Bisacodyl
Nama Merek Dagang Alophen, Bisac-Evac, Bisco-Lax, Carters Little Pills, Correctol, Doxidan Tablet, Ducodyl, Dulcolax Laxative, Evac-U-Gen, Ex-lax Ultra, Feen-A-Mint, Fleet Bisacodyl, Gen Lax, Magic Bullet, Veracolate, Dulcogen, Bisa-Plex, Bisolax, Gentle Laxative, Laxative Gentle Suppositories, Modane, Colax, Gentlax Tablet, Fematrol, bicolax tablet, bisacodyl, custodiol suppositoria, custodiol tablet, dulcolax suppositoria, dulcolax paed suppositoria, dulcolax tablet, indo obat pencahar, laxacod tablet, laxamex tablet, laxana tablet, prolaxan tablet, stolax suppositoria.
Jenis Obat Obat Pencahar
Golongan Obat Obat Bebas Terbatas
Dikonsumsi Untuk Anak-anak usia 4 tahun ke atas hingga dewasa
Bentuk Sediaan Tablet, cairan dan suppositoria (Hal ini biasanya dijual sebagai 5 mg tablet, 10 supositoria mg, atau 5 mg supositoria anak)
Indikasi Mengatasi sembelit atau konstipasi, dan untuk mengosongkan perut sebelum menjalani proses operasi
Kontra Indikasi
  • Jangan digunakan bagi penderita yang memiliki riwayat hipersensitif (Alergi) terhadap obat ini
  • Hindarkan juga pemakaian obat ini pada bedah perut akut, penderita obstruksi usus, obstruksi ileus, perforasi usus, toksik kolitis, toksik megakolon, inflammatory bowel disease akut, apendisitis, dan dehidrasi berat.

Cara Kerja Obat

Bisacodyl dengan cara merangsang saraf enterik sehingga menyebabkan kontraksi kolon (usus besar). rangsangan dari obat tersebut akan mengosongkan usus besar dan mengeluarkan kotoran

Dosis Obat

Dosis bisacodyl untuk mengatasi konstipasi/Sembelit:

  • Anak-anak usia 4-10 tahun : Biasanya dosis yang direkomendasikan adalah 5 mg perhari sebelum tidur malam.
  • Anak-anak usia 10 tahun hingga dewasa : 5-10 mg perhari sebelum tidur malam

Dosis bisacodyl untuk Pengosongan usus guna suatu pemeriksaan medis (Operasi/Bedah)

  • Anak-anak usia 4-10 tahun: Biasanya dosis yang direkomendasikan adalah 5 mg di malam hari dan 5 mg dalam bentuk suppositoria untuk pagi harinya.
  • Anak-anak usia 10 tahun ke atas hingga dewasa : 10 mg di pagi dan malam hari, kemudian 10 mg lagi dalam bentuk suppositoria untuk keesokan paginya.

Cara Menggunakan Bisacodyl Dengan Baik

Obat ini biasanya digunakan untuk jangka pendek. Ikuti anjuran dokter dan baca informasi yang tertera pada kemasan bisacodyl sebelum mulai mengonsumsinya. .

loading...

Pastikan ada jarak waktu yang cukup antara satu dosis dengan dosis berikutnya. Usahakan untuk mengonsumsi bisacodyl pada jam yang sama tiap hari untuk memaksimalisasi efeknya.

Bagi pasien yang lupa mengonsumsi bisacodyl, disarankan segera meminumnya begitu teringat jika jadwal dosis berikutnya tidak terlalu dekat. Jangan menggandakan dosis bisacodyl pada jadwal berikutnya untuk mengganti dosis yang terlewat.

Hentikanlah penggunaan bisacodyl dan temui dokter kembali jika dalam waktu 5 hari konstipasi Anda belum kunjung sembuh.

Agar kesehatan usus Anda selalu terjaga dan untuk mencegah konstipasi, minumlah cukup air setiap hari (kira-kira 6 hingga 8 gelas) dan konsumsi makanan yang kaya akan serat. Makanan berserat bisa Anda dapatkan dalam sayur-sayuran, buah-buahan, sereal, dan roti dari biji-bijian utuh.

Efek Samping Obat

Bisacodyl juga berpotensi menimbulkan efek samping :

  • Efek samping yang sering terjadi :  terjadinya gangguan pada saluran pencernaan seperti rasa tidak nyaman atau kram perut.
  • Pada penggunaan jangka panjang, obat ini dapat menyebabkan diare dan efek samping yang terkait diare seperti hipokalemia. Namun pada kondisi tertentu, penggunaan obat ini untuk dalam jangka panjang kadang dilakukan, tetapi harus di bawah pengawasan dokter atau ahli terkait.
  • Sediaan tablet sering menyebabkan efek samping berupa gripping.
  • Iritasi dubur pada penggunaan suppositoria

Interaksi Obat

Jangan menggunakan bisacodyl setidaknya 1 jam setelah penggunaan obat-obat antasida, susu atau produk-produk yang mengandung susu.

Penggunaa’an Obat Untuk Wanita Hamil

FDA (badan pengawas obat dan makanan amerika serikat) mengkategorikan bisacodyl kedalam kategori B dengan penjelasan sebagai berikut :

penelitian pada reproduksi hewan tidak menunjukkan resiko pada janin dan tidak ada studi yang memadai dan terkendali dengan baik pada wanita hamil / Penelitian pada hewan telah menunjukkan efek buruk pada janin, tapi studi yang memadai dan terkendali dengan baik pada wanita hamil tidak menunjukkan resiko pada janin di trimester berapapun.

Penggunaan obat ini selama hamil, hanya boleh jika benar-benar dibutuhkan. Sebaiknya dilakukan perubahan pola makan terlebih dahulu, misalnya lebih banyak mengkonsumsi makanan berserat.

Jika perubahan pola makan seperti di atas tidak memberikan hasil memuaskan, obat pencahar mungkin diperlukan. Sebaiknya dipilih obat pencahar jenis pembentuk massa tinja seperti metilselulosa, atau pencahar osmotik, seperti laktulosa terlebih dahulu. Jika benar-benar diperlukan obat pencahar stimulan seperti bisacodyl atau senna dapat digunakan.

Bisacodyl tablet atau supositoria telah banyak digunakan selama masa hamil tanpa adanya bukti terjadinya relaksasi uterus. Obat ini termasuk obat yang diabsorpsi minimal, oleh karena itu resiko terhadap janin dianggap rendah.

Peringatan dan Perhatian

  • Untuk mendapatkan efek obat yang cepat, gunakan obat ini saat perut kosong.
  • Harap berhati-hati sebelum mengonsumsi bisacodyl jika sebelumnya Anda mual, merasakan nyeri hebat di perut, dehidrasi, atau baru saja menjalani operasi perut.
  • Jangan menggunakan bisacodyl bersamaan dengan obat-obatan lainnya, termasuk obat-obatan diuretik, tanpa petunjuk dari dokter. Hal ini dikhawatirkan dapat menyebabkan efek samping yang membahayakan.
  • Hindarilah konsumsi makanan seperti gula, kue, permen, puding, atau keju karena dapat memperburuk gejala konstipasi Anda.
  • Penggunaan obat-obat pencahar termasuk bisacodyl pada anak-anak sebaiknya dihindari, kecuali telah diresepkan oleh dokter yang mengetahui dengan pasti kondisi anak tersebut. Perlu diketahui bahwa, frekuensi buang air besar yang jarang sangat biasa pada bayi. Hal ini karena bayi masih mengkonsumsi jenis makanan dengan sedikit variasi (misalnya, hanya susu saja) atau kurangnya asupan cairan dan makanan berserat. Jika peningkatan pemberian cairan dan makanan berserat tidak memberikan hasil memuaskan, obat pencahar osmotik seperti laktulosa atau obat pencahar pembentuk massa tinja seperti metilselulosa bisa dipilih.
loading...
macam macam dulcolax | contoh obat laxative | merk obat pencahar | macam dulcolax | merek obat pencahar | macam-macam dulcolax | macam macam merk dagang obat supposutoria | macam-macam dulcolax beserta fungsinya | macam macam dul | macam macam dulcolax dan jegunaan nya |
Bisacodyl Khabib M 09 Jun 2016. Bisacodyl

Definisi Obat Bisacodyl adalah Obat pencahar (laxative) yang digunakan untuk mengatasi sembelit (konstipasi) dengan cara merangsang otot-otot usus besar untuk mengeluarkan kotoran. Konstipasi (Sembelit) adalah suata kondisi yang membuat frekuensi buang air besar kita menjadi di bawah normal atau jarang (kurang dari tiga kali per minggu) dan tekstur tinja keras. Penyebab sembelit bisa bermacam-macam, diantaranya […]

4.9 Khabib M
One Comment

Kolom Tanya Jawab

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *