Bacitracin

loading...

Definisi Obat

Bacitracin adalah obat yang digunakan untuk mencegah terjadinya infeksi bakteri pada luka ringan di kulit, misalnya luka goresan atau irisan akibat benda tajam dan luka bakar kecil. Untuk kondisi-kondisi semacam ini, bacitracin yang digunakan adalah yang berbentuk topikal (oles atau semprot).
Selain topikal, bacitracin juga diproduksi dalam bentuk obat suntik yang bisa digunakan untuk pengobatan pneumonia pada bayi dan infeksi akibat bakteri staphylococcus.

Bacitracin bekerja dengan cara menghentikan terjadinya pertumbuhan bakteri di dalam kulit yang terluka. Karena bacitracin merupakan golongan antibiotik, maka obat ini tidak akan efektif jika ditujukan untuk mengatasi infeksi akibat virus atau jamur.

Bacitracin adalah campuran dari peptida siklik terkait yang dihasilkan oleh organisme dari kelompok licheniformis Bacillus subtilis var Tracy, pertama kali diisolasi pada tahun 1945. peptida ini mengganggu kedua bakteri gram positif dan negatif gram dengan mengganggu dinding sel dan sintesis peptidoglikan.

gambar obat bacitracin

Contoh Obat Dengan Kandungan Bacitracin

Nama Generik Bacitracin
Nama Merek Dagang Baciim, enbatic powder, enbatic salep kulit, Liposin, NB Topical, nebacetin powder, nebacetin salep, nebacetin salep mata, Neocitrin, scanderma plus, tigalin cream, tracetin.
Jenis Obat Antibiotik
Golongan Obat Obat Resep
Dikonsumsi Untuk Dewasa dan anak-anak
Bentuk Sediaan Tersedia dalam kemasan obat Topikal dan suntik
Indikasi – Mencegah infeksi bakteri pada luka ringan di kulit (topikal).
– Mengobati pneumonia pada bayi dan infeksi staph (obat suntik).
Kontra Indikasi Jangan digunakan bagi penderita yang memiliki riwayat hipersensitif (Alergi) terhadap obat ini

Cara Kerja Obat

Bacitracin bekerja dengan cara menghentikan terjadinya pertumbuhan bakteri di dalam kulit yang terluka

Dosis Obat

Berikut ini adalah dosis bacitracin berdasarkan bentuk obatnya.

  • Bentuk obat Topikal Dioleskan atau disemprotkan : 1-3 kali sehari pada kulit yang mengalami luka kecil untuk mencegah infeksi.
  • Suntik Untuk bayi dengan berat badan kurang dari 2,5 kg, dosis harian yang diberikan adalah 450 unit/kg sebanyak dua kali sehari atau 300 unit/kg sebanyak tiga kali sehari.
    Sedangkan untuk bayi dengan berat badan lebih dari 2,5 kg, dosis harian yang diberikan adalah 500 unit/kg sebanyak dua kali sehari atau 330 unit/kg sebanyak tiga kali sehari.

Cara Mengkonsumsi Bacitracin Dengan Baik dan Benar

Bacalah informasi yang tertera pada kemasan bacitracin topikal sebelum menggunakannya. Lain halnya dengan bacitracin suntik, obat jenis ini harus diberikan langsung oleh dokter.

Pastikan ada jarak waktu yang cukup antara satu dosis dengan dosis berikutnya. Usahakan untuk menggunakan bacitracin topikal pada jam yang sama tiap hari untuk memaksimalkan efeknya.

Bagi pasien yang lupa menggunakan bacitracin topikal, disarankan segera melakukannya begitu teringat jika jadwal dosis berikutnya tidak terlalu dekat. Jangan menggandakan dosis pada jadwal berikutnya untuk mengganti dosis yang terlewat.

Efek Samping Obat

Bacitracin topikal biasanya jarang menyebabkan efek samping, namun pada kasus yang sangat jarang terjadi, pengguna obat ini bisa saja mengalami gejala alergi pada kulit, seperti ruam, bintik-bintik, dan gatal.

Sedangkan efek samping yang bisa saja terjadi setelah diberikan bacitracin suntik adalah rasa sakit di area yang disuntik, ruam (reaksi hipersensitivitas), mual, dan muntah.

Penggunaa’an Obat Untuk Wanita Hamil

Bagi wanita hamil atau sedang menyusui, sesuaikan dosis bacitracin topikal dengan anjuran dokter.

Peringatan dan Perhatian

  • Harap berhati-hati selama menggunakan bacitracin topikal agar tidak mengenai mulut dan hidung, tertelan, atau mengenai mata karena obat ini hanya untuk lapisan luar kulit.
  • Penggunaan bacitracin topikal hanya diperuntukkan pada luka kecil di kulit. Jangan menggunakan obat ini pada kulit yang mengalami luka cukup besar dan dalam. Tindakan pencegahan infeksi dari luka yang parah harus dilakukan oleh dokter.
  • Pemberian bacitracin suntik hanya boleh dilakukan oleh dokter.
  • Beri tahu dokter apabila anak Anda memiliki riwayat penyakit ginjal sebelum dilakukan penyuntikan bacitracin.
  • Jangan menggunakan bacitracin bersamaan dengan obat-obatan lainnya, termasuk produk herbal tanpa petunjuk dari dokter, karena dikhawatirkan dapat menyebabkan efek samping yang membahayakan.
  • Beri tahu dokter sebelum menerima suntikan bacitracin apabila anak Anda sedang menjalani kemoterapi atau terapi antibiotik suntik lainnya, serta sedang mengonsumsi obat antivirus, obat gangguan usus, dan obat pencegah kegagalan transpantasi organ. Percampuran reaksi bacitracin dengan obat-obatan untuk kondisi-kondisi tersebut dikhawatirkan dapat menyebabkan kerusakan ginjal.
  • Hubungi Dokter bila infeksi bakteri tak kunjung sembuh setelah menggunakan bacitracin topikal selama satu minggu
harga bacitracin salep | harga obat bactacin | nama obat luka bentuk powder | nama salep dagang berserta fungsinya | harga matic bacitracin | harga salep bacitracin | generik salep digenta | daftar nama obat dwngan bentuk salep | contoh nama obat salep | contoh nama dagang salep |
Bacitracin Khabib M 10 Jun 2016. Bacitracin

Definisi Obat Bacitracin adalah obat yang digunakan untuk mencegah terjadinya infeksi bakteri pada luka ringan di kulit, misalnya luka goresan atau irisan akibat benda tajam dan luka bakar kecil. Untuk kondisi-kondisi semacam ini, bacitracin yang digunakan adalah yang berbentuk topikal (oles atau semprot). Selain topikal, bacitracin juga diproduksi dalam bentuk obat suntik yang bisa digunakan […]

4.9 Khabib M
loading...

Kolom Tanya Jawab

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *