Azithromycin

Definisi Obat

Azithromycin (Azitromisin) adalah obat yang dapat digunakan untuk mengobati berbagai macam infeksi akibat bakteri, seperti infeksi telinga, infeksi usus, kelamin, kulit, sinusitis, bronkitis, pneumonia, tonsilitis, dan faringitis.
Hal ini juga dapat digunakan untuk sejumlah infeksi menular seksual termasuk infeksi klamidia dan gonore. Bersama dengan obat lain, itu juga dapat digunakan untuk malaria

Azitromisin adalah azalide, jenis antibiotik makrolida (macrolide). Ia bekerja dengan mengurangi produksi protein, sehingga menghentikan pertumbuhan atau perkembangkiakan bakteri yang menyebabkan infeksi tersebut.
Karena azithromycin merupakan jenis antibiotik, maka obat ini tidak bisa digunakan untuk mengobati infeksi virus, seperti flu atau pilek.

Azitromisin pertama kali dibuat pada tahun 1980. termasuk dalam golongan antibiotik makrolidum yang mempunyai spektrum luas, aktif terhadap bakteri gram negatif maupun gram positif.

gambar obat azithromycin

Contoh Obat Generik Berlogo Azithromycin 500 mg Produksi Kimia Farma

Nama Generik Azithromycin (a ZITH roe MYE sin)
Nama Merek Dagang Zithromax, Azithrocin, zycin, zithrax, zistic, zifin, zibramax, zarom, mezatrin, aztrin.
Jenis Obat Antibiotik Makrolida
Golongan Obat Obat Keras, Obat Resep
Dikonsumsi Untuk Dewasa dan anak-anak berberat badan 45 kg ke atas
Bentuk Sediaan Tersedia dalam kemasan Tablet, kapsul, dan cairan yang diminum
Indikasi Mengobati infeksi bakteri (infeksi telinga, kelamin, kulit, sinusitis, bronkitis, pneumonia, tonsilitis, dan faringitis)
Kontra Indikasi Jangan digunakan bagi penderita yang memiliki riwayat hipersensitif (Alergi) terhadap obat ini dan antibiotika makrolidum lainnya

Cara Kerja Obat

Azithromycin bekerja dengan cara mengikat sub unit 50s dari ribosom bakteri sehingga menghambat translasi mRNA. Dengan demikian sistesis protein akan terganggu sehingga pertumbuhan bakteri akan terhambat.

Dosis Obat

Dosis Azithromycin digunakan untuk dewasa dan anak diatas 16 thn termasuk usia lanjut, dan akan diresepkan berdasarkan jenis infeksi, tingkat keparahannya dan riwayat kesehatan pasien. Berikut adalah informasi mengenai dosis umum azithromycin.

loading...
  • Chlamydia (klamidia) : 1 gram sekaligus, 1 dosis saja
  • Infeksi saluran nafas,infeksi kulit : 500 mg sehari sebagai dosis tunggal pada hari pertama,
    kemudian dilanjutkan 250 mg sehari pada hari kedua sampai hari kelima.
  • Infeksi non gonokokal uretritis dan servisitis 1000 mg sehari sebagai dosis tunggal. anak- anak 10 mg/ kg BB/ hari, 1 x sehari selama 3 hari.
  • Infeksi bakteri lainnya 500-2000 mg perhari tergantung jenis infeksi. Setelah kondisi berangsur mereda, dosis mungkin akan dikurangi menjadi 250-500 mg perhari.

Untuk pasien anak-anak, dosis akan disesuaikan oleh dokter dengan berat badan mereka.

Cara Minum Obat Yang Baik dan Benar

Jangan lupa untuk membaca informasi yang tertera pada kemasan azithromycin sebelum mulai mengonsumsinya.
Azithromycin kapsul sebaiknya dikonsumsi satu jam sebelum makan atau dua jam setelah makan. Sedangkan dalam bentuk tablet dan cair bisa dikonsumsi setelah atau sesudah makan

Pastikan ada jarak waktu yang cukup antara satu dosis dengan dosis berikutnya. Usahakan untuk mengonsumsi azithromycin pada jam yang sama tiap hari untuk memaksimalisasi efeknya.

Jika Anda mengonsumsi obat antasida, pastikan ada jarak waktu dua jam dengan mengonsumsi azithromycin karena antasida dapat mengganggu penyerapan antibiotik ini.

Bagi pasien yang lupa mengonsumsi azithromycin, disarankan segera meminumnya begitu teringat jika jadwal dosis berikutnya tidak terlalu dekat. Selain itu jangan menggandakan dosis azithromycin pada jadwal berikutnya untuk mengganti dosis yang terlewat.

Pastikan Anda menghabiskan seluruh dosis yang diresepkan oleh dokter meski kondisi Anda tampaknya sudah membaik. Hal ini dilakukan untuk mencegah kembalinya infeksi. Jika kondisi tidak membaik setelah menghabiskan obat, periksakan diri ke dokter.

Efek Samping Obat

Azithromycin juga berpotensi menimbulkan efek samping. Beberapa efek samping yang biasa terjadi setelah mengonsumsi antibiotik makrolida ini adalah: mual, muntah, diare, kembung, sakit kepala, sakit perut dan nafsu makan berkurang.
Pada tahun 2013 , FDA mengeluarkan peringatan azitromisina (Azithromycin ) dapat menyebabkan perubahan abnormal pada aktivitas listrik jantung yang dapat menyebabkan irama jantung yang tidak teratur dan berpotensi fatal

Interaksi Obat

Obat antasida yang mengandung aluminium dan magnesium mengurangi kadar puncak azitromisina (Azithromycin ) pada plasma darah.
Selain itu azitromisina (Azithromycin ) mengurangi klirens triazolam sehingga meningkatkan efek farmakologinya.

Penggunaa’an Obat Untuk Wanita Hamil

Penelitian reproduksi hewan tidak menunjukkan risiko pemakaian azitromisina (Azithromycin ) pada janin dan tidak ada studi yang memadai dan terkendali dengan baik pada wanita hamil / Penelitian pada hewan telah menunjukkan efek buruk , namun studi yang memadai dan terkendali dengan baik pada ibu hamil tidak menunjukkan risiko untuk janin pada trimester berapapun.

Peringatan dan Perhatian

  • Pastikan Anda menghabiskan seluruh dosis yang telah diresepkan oleh dokter untuk mencegah kembalinya infeksi yang berpotensi lebih parah.
  • Harap berhati-hati jika menderita gangguan otot yang disebut myasthenia gravis, kelainan detak jantung, masalah pada ginjal dan organ hati.
  • Segera hubungi dokter Jika terjadi hal buruk setelah pemakaian obat ini
  • Jangan memberikan azitromisina (Azithromycin ) bersamaan dengan derivat ergot
loading...
azithromycin 500 mg kimia farma | harga azithromycin | harga obat azithromycin | obat azithromycin | harga obat azithromycin di apotik | harga azithromycin 500 mg kimia farma | azitromisin | azitromisin harga | harga azitromisin generik | azithromycin adalah |
Azithromycin Khabib M 08 Jun 2016. Azithromycin

Definisi Obat Azithromycin (Azitromisin) adalah obat yang dapat digunakan untuk mengobati berbagai macam infeksi akibat bakteri, seperti infeksi telinga, infeksi usus, kelamin, kulit, sinusitis, bronkitis, pneumonia, tonsilitis, dan faringitis. Hal ini juga dapat digunakan untuk sejumlah infeksi menular seksual termasuk infeksi klamidia dan gonore. Bersama dengan obat lain, itu juga dapat digunakan untuk malaria Azitromisin […]

4.9 Khabib M

Kolom Tanya Jawab

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *