Atorvastatin

Loading...

Definisi Obat

Atorvastatin adalah obat yang digunakan untuk menurunkan kadar kolestrol jahat (LDL) dan trigliserida dalam darah, sekaligus mampu meningkatkan kadar kolestrol baik (HDL, high density lipoprotein). Atorvastatin termasuk obat hipolipidemia golongan statin atau HMG CoA reductase inhibitors.

Atorvastatin digunakan untuk mengobati kolesterol tinggi, dan menurunkan risiko stroke, serangan jantung, atau komplikasi jantung lainnya pada penderita diabetes tipe 2, penyakit jantung koroner, atau faktor risiko lain.

Atorvastatin bekerja dengan menghambat reaksi beberapa enzim yang dibutuhkan oleh tubuh dalam menghasilkan kolesterol. Hasilnya dengan mengonsumsi obat ini, risiko Anda mengalami penyakit jantung dan penyakit pembuluh darah akan menurun.

Kolesterol adalah jenis dari lemak atau lipid yang dihasilkan tubuh dari makanan berlemak yang kita konsumsi. Tubuh menyimpan lemak atau lipid di dalam tubuh dan digunakan sebagai sumber energi. Kadar kolesterol tinggi dalam tubuh tidak akan membuat Anda merasa sakit, tapi jika dibiarkan tetap tinggi dapat menyebabkan komplikasi. Timbunan kolesterol tinggi di dalam tubuh dikenal dengan istilah hiperkolesterolemia.

Timbunan kolesterol yang ada dapat mempersempit pembuluh darah, akibatnya aliran darah yang melewati pembuluh akan berkurang. Kondisi inilah yang meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung dan penyakit pembuluh darah seperti stroke.

Obat golongan statin lebih efektif dibandingkan obat-obat hipolipidemia lain dalam menurunkan kolesterol (LDL) tetapi kurang efektif dibanding golongan fibrat dalam menurunkan trigliserida.

gambar obat atorvastatin

Contoh Obat Atorvastatin 10 mg, 20, mg, 40 mg Produksi Sandoz

Nama Generik Atorvastatin (a TOR va sta tin)
Nama Merek Dagang Lipitor, Atorva, Actalipid, atofar, atorsan, atorvastatin, atorwin, atostin, avesco, caduet, debostin, fastor, litorcom, removchol, simtor, stator, storvas, stavinor, torvacard, truvaz.
Jenis Obat Kelompok Obat Statin
Golongan Obat Obat Keras,Obat Resep
Dikonsumsi Untuk Dewasa
Bentuk Sediaan Tersedia dalam kemasan Tablet (dipasaran biasanya tersedia berupa atorvastatin calcium 10 mg, 20 mg, dan 40 mg.)
Indikasi
  • Menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.
  • Seperti obat golongan statin lainnya, obat ini juga digunakan untuk pencegahan penyakit-penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung koroner, pasien dengan riwayat angina atau infark miokardial, stroke, atau serangan iskemik transien.
  • Obat-obat statin juga digunakan untuk pasien penderita diabetes mellitus tipe 1 dan 2 jika terjadi kontrol glikemia yang buruk, kolestrol HDL rendah, peningkatan trigliserida, hipertensi atau pasien yang memiliki riwayat penyakit kardiovaskular dalam keluarga.
Kontra Indikasi
  • Jangan digunakan bagi penderita yang memiliki riwayat hipersensitif (Alergi) terhadap obat ini atau obat-obat golongan statin lain
  • Jangan menggunakan obat golongan statin jika anda sedang hamil karena diketahui berakibat buruk pada janin.
  • Obat ini juga dikontraindikasikan terhadap pasien yang mempunyai masalah pada organ hati seperti : kolestasis, ensefalopati, hepatitis, dan penyakit kuning.

Cara Kerja Obat

Seperti semua statin, Atorvastatin bekerja dengan cara menghambat 3-hydroxy-3-methylglutaryl-coenzyme A (HMG-CoA) reductase, suatu enzim yang berperan dalam pembentukan kolestrol. Dengan terhambatnya kinerja enzim ini kadar kolestrol dalam darah akan berkurang. Kadar LDL dikatakan normal jika berada pada kadar < 100 mg/dL.

Dosis Obat

Dosis awal atorvastatin yang diberikan adalah 10 mg per hari, lalu dosis akan disesuaikan dengan rentan waktu minimal adalah empat minggu atau lebih. Dosis maksimal harian adalah 80 mg per hari. Dosis diberikan sesuai dengan kadar kolesterol dan respons pasien terhadap obat ini.

Loading...

Cara Minum Obat Yang Baik dan Benar

Bacalah petunjuk atauran pemakaian pada kemasan obat dan mengikuti anjuran dokter dalam mengonsumsi atorvastatin.
Jangan menambahkan atau mengurangi dosis tanpa izin dokter. Selesaikan dosis yang sudah diberikan oleh dokter, meski Anda merasa sehat.

Dalam menurunkan kolesterol di dalam tubuh, Anda diharapkan tidak hanya bergantung pada obat ini saja. Perubahan gaya hidup seperti perubahan menu makanan, berolahraga, menurunkan berat badan, dan berhenti merokok juga akan membantu dalam menurunkan kadar kolesterol tinggi.

Obat ini dikonsumsi sehari sekali, baik dengan atau tanpa makanan. Disarankan untuk mengonsumsinya di waktu yang sama tiap hari. Jika diberikan tablet kunyah, Anda bisa mengunyahnya untuk membantu menelan, atau bisa juga ditelan dengan bantuan air.

Bagi pasien yang lupa mengonsumsi atorvastatin, disarankan untuk segera mengonsumsinya begitu teringat jika jadwal dosis berikutnya tidak terlalu dekat. Jangan menggandakan dosis atorvastatin pada jadwal berikutnya untuk menggantikan dosis yang terlupakan.

Efek Samping Obat

  • Efek samping atorvastatin yang sering terjadi antara lain : sakit kepala, gangguan pencernaan seperti sembelit, mual, muntah, diare, nyeri perut, dispepsia, konstipasi, kembung dan diare, gangguan tidur (insomnia) dan penipisan rambut.
  • Efek samping yang tingkat kejadiannya jarang dari pemakaian obat ini misalnya kerusakan hati, mempengaruhi daya ingat, dan kebingungan.
  • Reaksi alergi akibat pemakaian obat ini juga jarang, namun dapat berakibat serius jika terjadi. Oleh karena itu jika tanda-tanda reaksi alergi seperti ruam, gatal, pembengkakan, pusing, atau kesulitan menelan / bernapas segera hubungi pihak medis.

Interaksi Obat

Berikut adalah interaksi atorvastatin dengan obat-obat lain :

  • Atorvastatin dapat menurunkan efek antikoagulan.
  • Pemberian atorvastatin dengan anti lipid lain seperti gemfibrozil harus dihindari, karena dapat menurunkan tingkat lipid secara drastis.
  • Jus jeruk diketahui mengandung senyawa inhibitor CYP3A4 di dalam usus. Meminum jus jeruk saat menggunakan atorvastatin dapat menyebabkan peningkatan Cmax dan AUC, yang dapat menyebabkan meningkatnya potensi efek samping atau toksisitas.
  • Vitamin D menurunkan kadar atorvastatin dan konsentrasi metabolit aktifnya, namun keduanya secara sinergis mengurangi kadar LDL dan konsentrasi kolesterol total.

Penggunaa’an Obat Untuk Wanita Hamil

FDA (badan pengawas obat dan makanan amerika serikat) mengkategorikan atorvastatin kedalam kategori X dengan penjelasan sebagai berikut :

Penelitian pada hewan atau manusia telah menunjukkan efek buruk pada janin dan/atau terdapat bukti positif beresiko terhadap janin manusia berdasarkan data-data efek samping yang dikumpulkan melalui penelitian atau data pemasaran, dan resikonya terbukti jelas lebih buruk daripada manfaat yang bisa diperoleh.

Atorvastatin dapat menyebabkan kerusakan janin dengan mempengaruhi kolesterol serum dan trigliserida, yang penting untuk perkembangan janin. Jika anda sedang hamil atau sedang berencana hamil, sebaiknya tidak menggunakan obat ini, atau obat-obat golongan statin lainnya.

Peringatan dan Perhatian

  • Bagi wanita hamil atau sedang merencanakan kehamilan atau menyusui tidak disarankan mengonsumsi obat ini.
  • Obat bisa digunakan sebelum, sesudah atau bersama makanan pada malam hari.
  • Harap berhati-hati dalam mengonsumsi obat ini bagi yang berusia di atas 70 tahun, wanita yang ingin hamil, pernah menderita stroke yang menyebabkan pendarahan di otak, penderita hipotiroidisme, gangguan atau nyeri otot, gangguan ginjal, dan gangguan hati.
  • Mengonsumsi minuman keras secara berlebihan digabungkan dengan atorvastatin akan meningkatkan risiko mengalami gangguan fungsi hati.
  • Obat ini bereaksi dengan jus grapefruit. Jus grapefruit dapat meningkatkan kadar atorvastatin di dalam aliran darah.
  • Penggunaan atorvastatin harus dilakukan secara hati-hati dan dengan pengawasan dokter untuk pasien yang menderita gangguan hati, ginjal, kelenjar tiroid, dan pasien-pasien yang pernah mengalami keluhan cedera otot.
  • Selalu lakukan pemantauan kadar kolestrol secara berkala sebagai bahan evaluasi dosis dari dokter anda.
  • Atorvastatin dapat menyebabkan pusing, sebaiknya jangan mengemudi atau menyalakan mesin selama menggunakan obat ini.
  • Laporkan kepada dokter anda jika anda mengalami gejala nyeri otot, rasa kaku, atau rasa lemah otot yang penyebabnya tidak diketahui dengan pasti.
atorvastatin generik | harga atorvastatin 20 mg generik | harga obat atorvastatin | nama paten atorvastatin | nama dagang tang mengandung atorvastatin | atorvastatin harga | harga atorvastatin 40 mg generik | obat avesco tablet harganya | obat kolestrol paten harga |
Atorvastatin medlineplus.gov 11 Jun 2016. Atorvastatin

Loading… Definisi Obat Atorvastatin adalah obat yang digunakan untuk menurunkan kadar kolestrol jahat (LDL) dan trigliserida dalam darah, sekaligus mampu meningkatkan kadar kolestrol baik (HDL, high density lipoprotein). Atorvastatin termasuk obat hipolipidemia golongan statin atau HMG CoA reductase inhibitors. Atorvastatin digunakan untuk mengobati kolesterol tinggi, dan menurunkan risiko stroke, serangan jantung, atau komplikasi jantung lainnya […]

4.9

Kolom Tanya Jawab

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *