Asam Traneksamat (Tranexamic Acid)

loading...

Definisi Obat

Asam traneksamat adalah golongan obat antifibrinolytic yang digunakan untuk menghentikan pendarahan, misalnya pendarahan setelah operasi, mimisan, pendarahan menstruasi yang berlebihan, dan pendarahan pada penderita angio-edema turunan.

Tranexamic Acid (TXA) ditemukan pada tahun 1962 oleh Utako Okamoto, Obat ini tidak boleh digunakan secara bebas dan harus melalui resep dokter.

Efek samping Asam traneksamat jarang terjadi dan termasuk efek gastrointestinal, pusing, kelelahan, sakit kepala, dan reaksi hipersensitivitas. Obat harus digunakan dengan hati-hati pada orang dengan penyakit ginjal dan mereka yang berada pada risiko tinggi untuk pembekuan darah termasuk wanita menyusui.

gambar obat asam traneksamat atau tranexamic acid

Contoh Obat Bermerek Asam Traneksamat 50 mg, 100, 500 mg

Nama Generik Tranexamic Acid (Asam traneksamat)
Nama Merek Dagang Cyklokapron
Jenis Obat Obat anti-fibrinolitik
Golongan Obat Obat Keras, Obat Resep
Dikonsumsi Untuk Dewasa (usia 18 tahun atau lebih)
Bentuk Sediaan Tersedia dalam kemasan Tablet dan suntik
Indikasi Menghentikan pendarahan misalnya pada mimisan, pascaoperasi, menstruasi berlebihan, dan pendarahan pada penderita angio-edema turunan.
Kontra Indikasi Jangan digunakan bagi penderita yang memiliki riwayat hipersensitif (Alergi) terhadap obat ini

Cara Kerja Obat

Asam traneksamat bekerja dengan cara menghambat pecahnya gumpalan darah sehingga pendarahan tidak terjadi lagi.

Dosis Obat

Dosis Asam traneksamat yang direkomendasikan untuk pengobatan awal adalah 1000 mg yang dikonsumsi sebanyak 3 dosis per hari, selama jangka waktu maksimal empat hari. Untuk kasus menstruasi parah, dosis bisa ditingkatkan namun maksimum adalah 4000 mg per hari.

Cara Minum Obat Yang Baik dan Benar

Bacalah aturan pakai yang tertera pada kemasan, sebelum mulai menggunakannya.

Telan tablet asam traneksamat dengan bantuan air minum dan jangan menghancurkannya atau mengunyahnya terlebih dahulu. Obat ini dapat dikonsumsi sebelum atau sesudah makan.

Pastikan ada jarak waktu yang cukup antara satu dosis dengan dosis berikutnya. Usahakan untuk menggunakan asam traneksamat secara teratur tiap hari untuk memaksimalisasi efeknya.

Bagi pasien yang lupa mengonsumsi asam traneksamat, disarankan segera meminumnya begitu teringat jika jadwal dosis berikutnya tidak terlalu dekat. Selain itu jangan menggandakan dosis asam traneksamat pada jadwal berikutnya untuk mengganti dosis yang terlupa.

Efek Samping Obat

Beberapa efek samping yang umum terjadi setelah mengonsumsi obat anti-fibrinolitik ini antara lain: Diare, Mual,  dan Badan terasa lelah

Penggunaa’an Obat Untuk Wanita Hamil

Obat ini aman untuk ibu hamil. Bagi wanita yang sedang hamil atau menyusui, sesuaikan dosis asam traneksamat dengan anjuran dokter.

Peringatan dan Perhatian

  • Jika Anda akan menjalani prosedur operasi atau perawatan gigi, beri tahu dokter atau perawat bahwa Anda sedang mengonsumsi asam traneksamat.
  • Harap berhati-hati bagi yang menderita gangguan ginjal dan memiliki gangguan pada pembuluh darah.
  • Harap berhati-hati juga jika pernah mengalami kejang dan pernah terdiagnosis menderita gangguan pembekuan darah yang disebut disseminated intravascular coagulation (DIC).
  • Harap waspada dan hentikan pengobatan jika mengalami gangguan penglihatan warna.
  • Biasanya Anda akan disarankan dokter untuk rutin memeriksa darah dan kondisi organ hati jika menggunakan asam traneksamat dalam jangka panjang. Selama Anda menjalani pengobatan dengan asam traneksamat, usahakan untuk tetap rutin menemui dokter agar perkembangan kondisi Anda bisa diketahui.
asam traneksamat paten | obat nexitra | harga asam traneksamat generik | jenis obat yang mengandung obat ketoconazole | harga tranexamic acid | Asam traneksama harganya | asam traneksamat | nama obat anti perdarahan | golongan asam traneksamat | gambar obat asam traneksamat |
Asam Traneksamat (Tranexamic Acid) Khabib M 29 Agu 2016. Asam Traneksamat (Tranexamic Acid)

Definisi Obat Asam traneksamat adalah golongan obat antifibrinolytic yang digunakan untuk menghentikan pendarahan, misalnya pendarahan setelah operasi, mimisan, pendarahan menstruasi yang berlebihan, dan pendarahan pada penderita angio-edema turunan. Tranexamic Acid (TXA) ditemukan pada tahun 1962 oleh Utako Okamoto, Obat ini tidak boleh digunakan secara bebas dan harus melalui resep dokter. Efek samping Asam traneksamat jarang […]

4.9 Khabib M
loading...

Kolom Tanya Jawab

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...