Asam Salisilat (Salicylic Acid)

loading...

Definisi Obat

Asam Salisilat adalah salah satu jenis zat dalam pengobatan yang biasanya digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kulit.
Asam salisilat termasuk dalam kelompok Hydroxybenzoic acid. Seperti Asam hidroksi lainnya, asam salisilat adalah bahan utama dalam banyak produk perawatan kulit untuk pengobatan dermatitis seboroik, jerawat, psoriasis, kapalan, keratosis pilaris, acanthosis nigricans, ichthyosis, dan kutil. Karena efeknya pada sel-sel kulit, asam salisilat juga digunakan di beberapa shampoo untuk mengobati ketombe.

Asam salisilat adalah jenis obat keratolytic yang berada dalam kelompok obat yang sama dengan aspirin. Asam salisilat dikenal juga dikenal kemampuannya untuk meringankan rasa sakit dan nyeri dan mengurangi demam. Asam salisilat digunakan dalam produksi obat-obatan lainnya termasuk asam 4-aminosalisilat, sulpirid, letimide (via Salethamide).

Dalam pengobatan modern, asam salisilat dan turunannya adalah konstituen dari beberapa produk rubefacient. Misalnya, metil salisilat digunakan sebagai obat gosok untuk meringankan rasa sakit sendi dan otot, dan kolin salisilat digunakan secara topikal untuk mengurangi rasa sakit akibat sariawan.

Asam salisilat dapat anda beli secara bebas di apotek atau toko obat. diperlukan resep dokter untuk dosis dan formulasi yang lebih kuat.

gambar produk asam salisilat

Contoh Produk Dengan Kandungan Zat Asam Salisilat

Nama Generik Salicylic Acid (Asam salisilat)
Nama Merek Dagang Clearasil, Biore, Clean & Clear
Jenis Obat Keratolytic
Golongan Obat Obat Bebas Terbatas(sebagian merek membutuhkan resep dokter)
Dikonsumsi Untuk Dewasa dan anak-anak
Bentuk Sediaan Cream, Lotion, Cairan
Indikasi Mengatasi berbagai masalah kulit
Kontra Indikasi Penderita Yang Hipersensitif (Alergi) terhadap obat ini

Cara Kerja Obat

Asam salisilat bekerja dengan cara menghancurkan sel kulit berlebih pada permukaan kulit. Obat ini akan meningkatkan kelembapan pada kulit dan melarutkan unsur yang mengakibatkan sel kulit menempel satu sama lain. Kondisi ini akan mempermudah proses pengelupasan kulit.

Dosis Obat

Dalam menggunakan obat ini, selalu ikuti anjuran yang tertera pada kemasan dan juga saran dari dokter. Dosis umum pemakaian obat oles asam salisilat adalah 1-2 kali per hari. Pemakaian ini tergantung pada jenis dan keparahan kondisi yang diobati.

Jangan menambah atau mengurangi dosis yang tertera pada kemasan atau yang dianjurkan oleh dokter Anda. Menambah dosis tidak akan mempercepat proses penyembuhan, justru akan meningkatkan risiko efek samping yang terjadi.

Efek Samping Obat

Reaksi orang terhadap sebuah obat berbeda-beda. Meski obat ini memiliki manfaat yang baik kepada tubuh, tapi obat ini juga memungkinkan menimbulkan efek samping. Beberapa efek samping yang bisa terjadi, seperti: Kulit mengalami iritasi, kering, atau sakit, Sensasi rasa terbakar, memerah, mengelupas dan gatal-gatal

Peringatan dan Perhatian

  • Obat ini hanya untuk digunakan pada kulit bagian luar dan tidak disarankan untuk dioles pada luka terbuka atau kulit yang sedang mengalami inflamasi.
  • Obat asam salisilat bisa mengandung bahan yang mudah terbakar, maka jauhkan dari panas atau api secara langsung.
  • Segera hubungi dokter, Jika terjadi efek samping yang terus berkepanjangan atau mengalami reaksi alergi.
asam salisilat | produk yang mengandung asam salisilat | harga asam salisilat di apotik | salep asam salisilat | merk salep asam salisilat | harga salep salicylic acid | harga salicylic acid | produk yang mengandung salicylic acid | harga asam salisilat | salep yang mengandung asam salisilat |
Asam Salisilat (Salicylic Acid) Khabib M 29 Mei 2016. Asam Salisilat (Salicylic Acid)

Definisi Obat Asam Salisilat adalah salah satu jenis zat dalam pengobatan yang biasanya digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Asam salisilat termasuk dalam kelompok Hydroxybenzoic acid. Seperti Asam hidroksi lainnya, asam salisilat adalah bahan utama dalam banyak produk perawatan kulit untuk pengobatan dermatitis seboroik, jerawat, psoriasis, kapalan, keratosis pilaris, acanthosis nigricans, ichthyosis, dan kutil. Karena […]

4.9 Khabib M
loading...

Kolom Tanya Jawab

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...