Asam Mefenamat (Mefenamic Acid)

loading...

Definisi Obat

Asam Mefenamat atau dalam bahasa internasionalnya ‘Mefenamic Acid’ adalah obat yang berfungsi meredakan rasa sakit tingkat ringan hingga menengah, serta mengurangi inflamasi atau peradangan.
Contoh rasa sakit akibat inflamasi yang umumnya dapat diatasi dengan asam mefenamat adalah artritis, nyeri menstruasi (nyeri haid), serta nyeri setelah operasi. Selain mengatasi nyeri menstruasi, obat ini juga dapat digunakan untuk mengurangi volume pendarahan yang parah saat menstruasi.

Asam mefenamat berfungsi menghambat enzim yang memproduksi prostaglandin. Prostaglandin adalah senyawa yang dilepas tubuh dan menyebabkan rasa sakit serta inflamasi. Dengan menghalangi produksi prostaglandin, asam mefenamat akan mengurangi rasa sakit dan inflamasi.
Asam mefenamat tersedia dalam berbagai merek dan dapat digunakan dalam bentuk tablet serta obat cair yang diminum. Tetapi penggunaannya harus dengan resep dokter.

Asam mefenamat adalah anggota dari turunan asam antranilat (atau fenamate) kelas obat anti inflamasi non-steroid NSAID. Obat ini ditemukan dan dibawa ke pasar dengan Parke-Davis pada tahun 1960 di bawah brandnames Ponstan, Ponstan Forte, Ponalar, Ponstyl, dan Ponstel. Ini menjadi generik pada 1980-an dan tersedia di seluruh dunia di bawah nama merek banyak.

Asam mefenamat digunakan jangka pendek (7 hari atau kurang) untuk mengobati nyeri ringan sampai sedang pada orang dewasa dan anak-anak yang berusia setidaknya 12-14 tahun.

gambar obat asam mefenamat

Contoh Obat Generik Berlogo Asam Mefenamat Produksi PT.Promedrahardjo Farmasi Industri

Nama Generik Mefenamic acid (me fe NAM ik)
Nama Merek Dagang Mefanol, Ponstel, Ponstan, stanalin ds, etafenin, yekapons, witranal, tropistan, tifestan, teamic, stelpon, stanza
Jenis Obat Anti Inflamasi Non Steroid
Golongan Obat Obat Keras, Obat Resep
Dikonsumsi Untuk Dikonsumsi oleh Dewasa dan anak-anak di atas 12 tahun
Bentuk Sediaan Tersedia dalam kemasan Tablet, kapsul, obat cair yang diminum
Indikasi Mengobati nyeri ringan sampai sedang pada sakit gigi dan setelah cabut gigi, sakit kepala, sakit telinga, nyeri otot, nyeri sendi, demam, nyeri setelah operasi, termasuk nyeri haid, dan kadang – kadang digunakan untuk mencegah migrain berkaitan dengan menstruasi
Kontra Indikasi
  • Penderita Yang Hipersensitif (Alergi) terhadap obat ini
  • Pasien yang sedang hamil terutama di 3 bulan terakhir, sebaiknya tidak menggunakan asam mefenamat (mefenamic acid)
  • Pasien yang akan atau telah menjalani operasi by-pass jantung sebaiknya jangan menggunakan asam mefenamat (mefenamic acid)
  • Obat ini juga dikontraindikasikan untuk pasien yang memiliki masalah ginjal, hati, pasien yang menderita asma, urtikaria, atau radang / tukak pada lambung atau usus

Cara Kerja Obat

Asam mefenamat (mefenamic acid) bekerja dengan cara menghambat kerja enzim siklooksigenase (COX). Enzim ini berfungsi untuk membantu pembentukan prostaglandin saat terjadinya luka dan menyebabkan rasa sakit dan peradangan. Dengan menghalangi kerja enzim COX, prostaglandin lebih sedikit diproduksi, yang berarti rasa sakit dan peradangan akan mereda.

Dosis Obat

Obat ini umumnya dikonsumsi sebanyak 500 mg sebanyak tiga kali sehari. Dosis asam mefenamat tergantung kepada tingkat keparahan rasa sakit serta respons tubuh terhadap obat.

Berikut ini adalah dosis asam mefenamat selengkapnya

  • Dosis lazim dewasa untuk Nyeri : 500 mg secara oral selanjutnya 250 mg setiap 6 jam sesuai kebutuhan, tidak melebihi 7 hari
  • Dosis lazim dewasa untuk Dismenore : 500 mg secara oral selanjutnya 250 mg setiap 6 jam dimulai saat timbulnya menstruasi
  • Dosis lazim Pediatric untuk Nyeri : 14 – 18 tahun : 500 mg secara oral diikuti oleh 250 mg setiap 6 jam sesuai kebutuhan, tidak melebihi 7 hari
  • Penggunaan asam mefenamat khusunya untuk manula berusia di atas 65 tahun sebaiknya dilakukan di bawah pengawasan dokter, dosis yang lebih rendah harus dipertimbangkan

Cara Minum Obat Yang Baik dan Benar

Asam mefenamat sebaiknya dikonsumsi sesudah makan atau dengan cemilan untuk mencegah efek samping. Pasien juga dianjurkan berhenti atau mengurangi rokok dan konsumsi minuman keras selama mengonsumsi obat ini agar dapat mengurangi risiko efek samping pendarahan pada lambung.

Untuk mengatasi nyeri menstruasi, dokter biasa menyarankan pasien untuk mengonsumsi obat ini sejak hari pertama menstruasi atau saat nyeri menstruasi muncul. Pasien umumnya mengonsumsi obat ini selama 2-3 hari pertama menstruasi.

Obat ini umumnya hanya diberikan untuk konsumsi dalam waktu singkat. Pasien disarankan untuk memeriksakan diri secara rutin ke dokter, terutama jika membutuhkan konsumsi asam mefenamat untuk jangka panjang.

Pastikan ada jarak waktu yang cukup antara satu dosis dengan dosis berikutnya. Usahakan untuk mengonsumsi asam mefenamat pada jam yang sama tiap hari untuk memaksimalisasi efeknya.

Bagi pasien yang lupa mengonsumsi asam mefenamat, disarankan segera meminumnya begitu teringat jika jadwal dosis berikutnya tidak terlalu dekat. Jangan menggandakan dosis obat pada jadwal berikutnya untuk mengganti dosis yang terlewat.

Efek Samping Obat

Asam mefenamat juga berpotensi menimbulkan efek samping :

  • Efek samping asam mefenamat (mefenamic acid) yang relatif ringan seperti sakit kepala, Nyeri ulu hati, Gangguan pencernaan, Mengantuk dan kelelahan, Tidak nafsu makan, Mual dan muntah.
  • Efek samping yang serius dapat berupa diare, hematemesis (muntah darah), hematuria (darah dalam urin), penglihatan kabur, ruam kulit, gatal dan bengkak, sakit tenggorokan dan demam

Segera hentikan pemakaian obat dan temui dokter jika Anda mengalami efek samping yang lebih serius seperti sariawan, diare, tinja berwarna hitam atau berdarah, dan muntah darah.

Interaksi Obat

Asam mefenamat akan berinteraksi dengan obat-obat berikut ini bila diberikan secara bersamaan :

  • Magnesium hidroksida (misalnya, antasida) atau probenesid akan meningkatkan efek samping asam mefenamat (mefenamic acid)
  • Siklosporin, lithium, methotrexate, kuinolon (misalnya, ciprofloxacin), atau sulfonilurea (misalnya, glipizide) karena efek samping obat – obat ini meningkat jika diberikan bersamaan dengan asam mefenamat (mefenamic acid)
  • Angiotensin-converting enzyme (ACE) inhibitor (misalnya, enalapril) atau diuretik (misalnya, furosemide, hydrochlorothiazide) karena efektivitas obat – obat ini menurun jika diberikan bersama asam mefenamat (mefenamic acid)

Penggunaa’an Obat Untuk Wanita Hamil

Penelitian pada reproduksi hewan telah menunjukkan efek buruk pada janin dan tidak ada studi yang memadai dan terkendali dengan baik pada manusia, namun jika potensi keuntungan dapat dijamin, penggunaan obat pada ibu hamil dapat dilakukan meskipun potensi resiko sangat besar.

Peringatan dan Perhatian

  • Obat ini mengurangi kesuburan seseorang sehingga sebaiknya dihindari bagi mereka yang sedang berencana untuk hamil.
  • Asam mefenamat (mefenamic acid) ditemukan dalam ASI. Jangan menggunakan obat ini ketika menyusui
  • Penggunaan pada pasien lanjut usia harus lebih hati – hati karena mereka lebih sensitif terhadap efek obat ini, terutama perdarahan perut dan masalah ginjal
  • Jika mengonsumsi obat ini, sebaiknya tidak mengemudi atau mengoperasikan alat berat karena obat ini bisa menyebabkan rasa kantuk.
  • Harap berhati-hati jika menderita tukak lambung, inflamasi usus, asma, anemia, edema, alergi terhadap obat anti inflamasi non-steroid (misalnya, aspirin dan ibuprofen), gangguan hati, gangguan ginjal, penyakit jantung, gangguan penggumpalan darah, hipertensi, epilepsi, lupus, pofiria, serta pernah menjalani operasi jantung.
  • Hubungi doktter Jika terjadi reaksi alergi atau overdosis
  • Asam mefenamat (mefenamic acid) sebaiknya dipakai setelah makan atau bersama makanan
  • Pasien harus cukup terhidrasi (cukup cairan) sebelum menggunakan asam mefenamat (mefenamic acid)
  • Keamanan dan kemanjuran pada anak-anak < 14 tahun belum diketahui
mefenamic acid 500mg tablets | obat mefenamic acid | mefenamic acid adalah | mefenamic acid obat apa | mefenamic acid 500 mg tablet | khasiat obat mefenamic acid 500 mg | fungsi obat mefenamic acid | mefenamic acid 500mg | mefenamic acid 500 mg | obat mefenamic |
Asam Mefenamat (Mefenamic Acid) Khabib M 28 Mei 2016. Asam Mefenamat (Mefenamic Acid)

Definisi Obat Asam Mefenamat atau dalam bahasa internasionalnya ‘Mefenamic Acid’ adalah obat yang berfungsi meredakan rasa sakit tingkat ringan hingga menengah, serta mengurangi inflamasi atau peradangan. Contoh rasa sakit akibat inflamasi yang umumnya dapat diatasi dengan asam mefenamat adalah artritis, nyeri menstruasi (nyeri haid), serta nyeri setelah operasi. Selain mengatasi nyeri menstruasi, obat ini juga […]

4.9 Khabib M
loading...
One Comment

Kolom Tanya Jawab

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...