Asam Borat (Boric Acid)

loading...

Definisi Obat

Asam Borat adalah suatu senyawa yang memiliki efek antikuman ringan untuk melawan infeksi akibat bakteri atau jamur.
Asam borat biasa digunakan sebagai antiseptik untuk mengatasi luka kecil, seperti luka teriris dan luka bakar ringan, mengatasi alkalinitas berlebih atau tingkat keasaman pada vagina yang diakibatkan oleh bakteri, serta infeksi jamur pada vagina.

Selain itu, asam borat juga bisa mengatasi jerawat. Asam borat juga ditemukan dalam obat tetes mata dan berguna untuk meredakan iritasi mata, atau sebagai pembasuh mata, dan membantu menyingkirkan polutan yang mengotori mata, seperti klorin, kabut asap, atau zat kimia lainnya.

Asam borat, atau sassolite, pertama kali disusun oleh Wilhelm Homberg (1652-1715) dari boraks, oleh aksi asam mineral, dan diberi nama sal sedativum Hombergi (“garam obat penenang dari Homberg”). Namun borat, termasuk asam borat, telah digunakan sejak zaman Yunani untuk membersihkan, menjaga makanan, dan kegiatan lainnya.

gambar obat asam borat

Contoh Obat Asam Borat (Boric Acid)

Nama Generik Boric Acid
Nama Merek Dagang Boric Acid
Jenis Obat Antiseptik
Golongan Obat Obat Bebas
Dikonsumsi Untuk Dewasa dan anak-anak
Bentuk Sediaan Tersedia dalam kemasan obat luar (Gel, Tetes Mata, Bubuk)
Indikasi – Meredakan iritasi mata
– Mengurangi tingkat keasaman pada vagina
– Mengatasi jerawat
Kontra Indikasi Jangan digunakan bagi penderita yang memiliki riwayat hipersensitif (Alergi) terhadap obat ini

Dosis Obat

Dosis asam borat tergantung kepada tujuan pemakaian dan kosentrasi merek obat yang digunakan. Baca kemasan untuk mengetahui dosis dan cara pemakaian asam borat. Jika ragu, konsultasikan kepada dokter.

Cara Menggunakan Asam Borat Yang Baik dan Benar

Bacalah petunjuk aturan pakai atau informasi yang tertera pada kemasan asam borat sebelum mulai menggunakannya.

Penggunaan asam borat untuk mengatasi jerawat tidak boleh lebih dari tiga kali dalam sehari dan hindari area sekitar mata. Sedangkan penggunaan asam borat dalam obat tetes mata hanya untuk mata dan jangan menggunakannya saat memakai kontak lensa karena bisa menyebabkan kerusakan warna pada kontak lensa. Kontak lensa baru bisa digunakan kembali 15 menit setelah menggunakan obat tetes yang mengandung asam borat.

Efek Samping Obat

Asam borat berpotensi menimbulkan efek samping. Tapi seiring dengan penyesuaian tubuh dengan obat, efek samping umumnya akan mereda. Berikut ini adalah beberapa efek samping yang umum terjadi.
Bila penyakit atau gejala yang diderita tidak kunjung mereda, segera temui dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Penggunaa’an Obat Untuk Wanita Hamil

Bagi wanita hamil dan menyusui, sesuaikan dengan anjuran dokter.

Peringatan dan Perhatian

– Asam borat hanya merupakan obat luar dan tidak untuk diminum.
– Hubungi Dokter, Jika terjadi reaksi alergi atau overdosis.

asam borat | asam boric | boric acid e generik buat apa | cara mwmbuat borik acid | www daftar harga obat kuping asam borat com | penggolongan asam borat | nama lain asam borat | indikasi sol acid boric | gel asam borat | farmakologi asam borat |
Asam Borat (Boric Acid) Khabib M 17 Jun 2016. Asam Borat (Boric Acid)

Definisi Obat Asam Borat adalah suatu senyawa yang memiliki efek antikuman ringan untuk melawan infeksi akibat bakteri atau jamur. Asam borat biasa digunakan sebagai antiseptik untuk mengatasi luka kecil, seperti luka teriris dan luka bakar ringan, mengatasi alkalinitas berlebih atau tingkat keasaman pada vagina yang diakibatkan oleh bakteri, serta infeksi jamur pada vagina. Selain itu, […]

4.9 Khabib M
loading...

Kolom Tanya Jawab

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *