Ammonium Klorida

Definisi Obat

Amonium klorida (Ammonium chloride) adalah salah satu bahan yang digunakan di dalam pembuatan obat batuk dan berguna untuk mengencerkan dahak yang membuat penderita batuk lebih mudah untuk mengeluarkannya. Untuk mengatasi batuk yang mengganggu dan hidung tersumbat, amonium klorida dicampur dengan dua bahan lainnya, yaitu diphenhydramine dan mentol.

Amonium klorida merupakan senyawa anorganik dengan rumus NH4Cl dan garam kristal putih yang sangat larut dalam air. Solusi dari amonium klorida yang agak asam. Sal amoniak adalah nama dari bentuk alami, mineralogi amonium klorida. mineral ini umumnya terbentuk pada pembakaran pembuangan batubara dari kondensasi gas batubara yang diturunkan.

gambar obat ammonium klorida

Gambar : Contoh Obat Ammonium Chloride

Nama Generik Ammonium chloride
Nama Obat Bermerek Dagang  Ammonium Chloride
Jenis Obat Obat ekspektoran
Golongan Obat Obat bebas terbatas namun ada beberapa merek yang tidak memerlukan resep dokter
Dikonsumsi Untuk Dewasa dan anak-anak
Bentuk Sediaan Tersedia dalam kemasan obat cair yang diminum
Indikasi Mengencerkan dahak pada penderita batuk, pilek dan flu
Kontra Indikasi

Dosis Obat

Amonium klorida yang digunakan tergantung kepada merek obat batuk atau pilek yang dikonsumsi. Baca aturan pemakaian yang tertera pada kemasan obat atau tanyakan langsung pada dokter.

Efek Samping Obat

Amonium klorida berpotensi menimbulkan efek samping, akan tetapi seiring dengan penyesuaian tubuh terhadap obat, efek samping umumnya akan berkurang dan mereda. Berikut ini adalah beberapa efek samping yang dapat terjadi : Sakit kepala, Mual dan muntah, Mulut kering Mengantuk, dan Pusing

Hubungi dokter bila penyakit yang diderita tidak kunjung sembuh atau efek samping yang dialami tidak mereda.

Interaksi Obat

Ammonium Chloride merupakan kontraindikasi pada pasien dengan gangguan berat fungsi ginjal atau hati.

Ammonium Chloride sebaiknya tidak diberikan ketika alkalosis metabolik akibat muntah asam klorida disertai dengan hilangnya natrium (ekskresi natrium bikarbonat dalam urin).

Penggunaa’an Obat Untuk Wanita Hamil

Amonium klorida tidak boleh dikonsumsi bagi wanita hamil, menyusui atau yang sedang mencoba untuk hamil.

Perhatian & Peringatan

  • Waspada bagi penderita gangguan hati, asma, glaukoma sudut tertutup, retensi urine, dan hipertrofi prostat.
  • Usahakan untuk tidak mengonsumsi minuman beralkohol saat menggunakan amonium klorida karena bisa meningkatkan risiko terkena efek samping.
  • Jangan mengemudikan kendaraan atau mengoperasikan mesin saat mengonsumsi obat ini karena bisa menimbulkan rasa kantuk dan memengaruhi kemampuan respons Anda.
    Segera hubungi dokter,jika terjadi reaksi alergi atau overdosis dan penyakit tak kunjung sembuh
  • Bagi pasien yang lupa mengonsumsi amonium klorida, disarankan segera meminumnya begitu teringat jika jadwal dosis berikutnya tidak terlalu dekat. Jangan menggandakan dosis amonium klorida pada jadwal berikutnya untuk mengganti dosis yang terlewat.
  • Pastikan ada jarak waktu yang cukup antara satu dosis dengan dosis berikutnya. Usahakan untuk mengonsumsi obat pada jam yang sama tiap hari untuk memaksimalisasi efeknya.
nama nama obat dan fungsinya | amonium klorida paten | kasiat dan penggunaan dari amon shlorid | nama obat dagang ammonium klorida |
Ammonium Klorida medlineplus.gov 11 Sep 2016. Ammonium Klorida

Definisi Obat Amonium klorida (Ammonium chloride) adalah salah satu bahan yang digunakan di dalam pembuatan obat batuk dan berguna untuk mengencerkan dahak yang membuat penderita batuk lebih mudah untuk mengeluarkannya. Untuk mengatasi batuk yang mengganggu dan hidung tersumbat, amonium klorida dicampur dengan dua bahan lainnya, yaitu diphenhydramine dan mentol. Amonium klorida merupakan senyawa anorganik dengan […]

4.9

Kolom Tanya Jawab

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *