Amiodarone

Definisi Obat

Amiodarone adalah obat yang digunakan untuk mengatasi ketidakteraturan irama jantung pada penderita aritmia jantung, baik ventrikel atau atrium.
Obat ini biasanya akan diresepkan dokter untuk pasien aritmia yang tidak cocok mengonsumsi obat lainnya karena alasan-alasan tertentu.
Anda akan menerima beberapa dosis pertama Anda di rumah sakit, di mana irama jantung Anda dapat dipantau menggunakan elektrokardiograf atau EKG, Selain memonitor jantung Anda dengan elektrokardiogram, dokter juga akan memonitor fungsi hati dan kelenjar tiroid melalui tes darah

Amiodarone digunakan untuk membantu menjaga jantung berdetak secara normal pada orang dengan gangguan irama jantung yang mengancam jiwa dari ventrikel (bilik bawah jantung yang memungkinkan darah mengalir keluar dari jantung).

Menurut WHO, Amiodarone ditemukan pada tahun 1961. termasuk obat dalam daftar Obat Esensial, yaitu obat yang paling penting yang dibutuhkan dalam sistem kesehatan dasar

gambar obat Amiodarone Hcl

Gambar: Obat Amiodarone Bermerek

Nama Generik Amiodarone
Nama Obat Bermerek Dagang Cordarone, Pacerone, Nexterone, Amiodarone
Jenis Obat Antiaritmia
Golongan Obat Obat Keras, Obat Resep
Dikonsumsi Untuk Dewasa
Bentuk Sediaan Tersedia dalam kemasan Tablet dan suntik
Indikasi Mengatasi irama jantung yang tidak teratur pada penderita aritmia jantung.
Kontra Indikasi

Cara Kerja Obat

Amiodarone bekerja dengan cara mengembalikan irama jantung yang tidak normal, misalnya terlalu lambat atau cepat, agar kembali kepada irama jantung yang normal.

Dosis Obat

Amiodarone untuk pengobatan awal aritmia, dosis yang diberikan pada minggu pertama adalah 200 mg tiga kali sehari. Pada minggu kedua, dosis harus diturunkan menjadi 200 mg dua kali sehari.

Sesudah 2 minggu awal pengobatan, maka pemberian amiodarone memasuki tahap pemeliharaan. Dosis yang diberikan pada masa pemeliharaan ini adalah 200 mg per hari atau kurang dari itu.

loading...

Efek Samping Obat

Amiodarone juga berpotensi menimbulkan efek samping, beberapa efek samping yang mungkin terjadi setelah mengonsumsi obat amiodarone antara lain: Pandangan kabur, Mata menjadi sensitif terhadap cahaya, Gangguan indera pengecapan lidah, Gangguan tidur, Gangguan lambung,Mual dan Muntah.
Pada kasus tertentu, penggunaan amiodarone juga dapat berdampak pada fungsi hati dan kelenjar tiroid

Interaksi Obat

– Amiodarone dapat meningkatkan risiko munculnya efek samping bila dikonsumsi bersamaan dengan beberapa jenis obat anestesi.
– Grapefruit bisa meningkatkan kadar amiodarone dalam aliran darah di tubuh Anda dan menyebabkan efek samping yang berbahaya. Hal ini dapat mempengaruhi irama jantung Anda.

Penggunaa’an Obat Untuk Wanita Hamil

Amiodarone tidak disarankan untuk wanita hamil. Pemberian obat ini hanya akan dilakukan oleh dokter jika dirasa sangat perlu. Bagi wanita yang sedang menyusui, amiodarone mutlak dilarang untuk dikonsumsi.

Peringatan & Perhatian

  • Hindari mengkonsumsi jeruk bali dan jus jeruk saat mengkonsumi amiodarone.
  • Jangan mengubah dosis atau frekuensi konsumsi obat tanpa bertanya pada dokter.
  • Pastikan ada jarak waktu yang cukup antara satu dosis dengan dosis berikutnya. Usahakan untuk mengonsumsi amiodarone pada jam yang sama tiap hari untuk memaksimalisasi efeknya.
  • Bagi pasien yang lupa mengonsumsi amiodarone, disarankan segera meminumnya begitu teringat jika jadwal dosis berikutnya tidak terlalu dekat. Jangan menggandakan dosis amiodarone pada jadwal berikutnya untuk mengganti dosis yang terlewat.
  • Harap waspada jika Anda menderita gangguan jantung, gangguan tiroid, dan menderita porfiria.
  • Harap waspada juga jika Anda terdiagnosis kekurangan potasium.
  • Jangan menggunakan amiodarone bersamaan dengan obat-obatan lainnya tanpa petunjuk dari dokter. Hal ini dikhawatirkan dapat menyebabkan interaksi obat yang membahayakan.
  • Beberapa jenis obat anestesi dapat bereaksi dengan amiodarone dan meningkatkan risiko munculnya efek samping, Jika Anda akan melakukan perawatan atau prosedur yang melibatkan pemberian obat anestesi, misalnya perawatan gigi, beri tahu dokter atau perawat yang menangani bahwa Anda sedang menjalani pengobatan dengan amiodarone.
  • Pengobatan dengan amiodarone biasanya berlangsung dalam jangka panjang. Jangan menghentikan penggunaan obat ini tanpa bertanya terlebih dahulu kepada dokter untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan.
  • Jika Anda akan melakukan aktivitas di luar rumah, lindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari, baik dengan payung atau tabir surya. Hal ini dikarenakan efek samping amiodarone yang dapat membuat kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari.
  • Jangan mengonsumsi grapefruit ketika Anda menjalani pengobatan dengan amiodarone karena zat yang terkandung di dalam buah tersebut dapat bereaksi dengannya di dalam aliran darah dan meningkatkan kadar amiodarone.
loading...
kemasan trihexyphenidyl | gambar obat cordaron | harga obat amiodarond |
Amiodarone Khabib M 14 Mei 2016. Amiodarone

Definisi Obat Amiodarone adalah obat yang digunakan untuk mengatasi ketidakteraturan irama jantung pada penderita aritmia jantung, baik ventrikel atau atrium. Obat ini biasanya akan diresepkan dokter untuk pasien aritmia yang tidak cocok mengonsumsi obat lainnya karena alasan-alasan tertentu. Anda akan menerima beberapa dosis pertama Anda di rumah sakit, di mana irama jantung Anda dapat dipantau […]

4.9 Khabib M

Kolom Tanya Jawab

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *