Amikacin

Definisi Obat

Amikacin adalah salah satu jenis obat antibiotik aminoglikosida yang merupakan hasil sintesis dari kanamycin yang digunakan secara luas untuk melawan, membunuh dan menghambat perkembangan bakteri penyebab infeksi, akan tetapi infeksi akibat virus (seperti flu atau pilek) tidak bisa diobati dengan antibiotik ini.

Obat ini umumnya digunakan untuk jangka pendek dalam menangani bermacam-macam infeksi bakteri yang serius pada kulit, selaput otak, paru-paru, tulang, sendi, darah, saluran kemih, serta perut. Beberapa contoh infeksi tersebut meliputi: Septikemia, Infeksi pada luka bakar, Infeksi saluran kemih berulang, Peritonitis, dan Infeksi pascaoperasi.

Amikasin awalnya dijual pada tahun 1976, Amikasin, dijual dengan merek dagang Amikin

gambar obat amikacin

Contoh ; Gambar Obat Amikacin Generik Produksi Dexa

Nama Generik Amikacin
Nama Obat Bermerek Dagang Amikin, Alostinl
Jenis Obat Antibiotik Aminoglikosida
Golongan Obat Obat keras, Obat resep
Dikonsumsi Untuk Dewasa dan anak-anak
Bentuk Sediaan Tersedia dalam kemasan obat suntik
Indikasi Mengobati infeksi serius akibat bakteri
Kontra Indikasi

Cara Kerja Obat

Amikacin bekerja dengan cara mengikat ribosom 30s pada bakteri yang menyebabkan kegagalan pembacaan mRNA sehingga bakteri tidak mampu mensintesa protein untuk pertumbuhannya.

Dosis Obat

Amikacin diberikan dengan dosis sebagai berikut :

loading...
  • Amikacin diberikan secara intravena, intramuskular atau nebulizer 15 mg / Kg BB / hari dibagi dalam 2 dosis.
  • Bayi baru lahir atau bayi prematur, dosis awal : 10 mg / Kg BB dibagi dalam 2 dosis.
  • Untuk pasien dengan gangguan fungsi ginjal : Dosis harian dikurangi atau interval dosis diperpanjang untuk menghindari akumulasi obat. Dosis awal 7.5 mg / kg BB. Untuk memperkirakan dosis pada pasien yang mengalami gangguan fungsi ginjal atau diduga menderita gangguan fungsi ginjal adalah dengan cara mengalikan kadar kreatinin serum (dalam mg / 100 ml) dengan 9 dan hasilnya adalah interval dosis dalam jam.

Pemberian dosis amikacin akan disesuaikan dengan jenis infeksi, tingkat keparahannya, serta riwayat dan kondisi kesehatan pasien. Oleh sebab itu, dosis untuk tiap pasien bisa berbeda.
Dosis umum penggunaan amikacin yang biasa dianjurkan oleh dokter bagi pasien dewasa dengan fungsi ginjal yang normal adalah 15 mg per kg berat badan dalam sehari. Sementara dosis maksimal amikocin per hari adalah 1,5 gram.

Efek Samping Obat

Amikacin yang diberikan secara parenteral menyebabkan toksisitas atau nefrotoksisitas terutama jika dosis dan hidrasi yang sesuai tidak diperhatikan. Oleh karena itu level obat dalam darah dan kondisi ginjal harus diperhatikan.
Sama seperti obat lainnya, amikacin juga berpotensi memicu efek samping. Beberapa efek samping yang mungkin terjadi saat mengonsumsi antibiotik ini antara lain : Sakit perut, Muntah, Kulit menjadi pucat, Kelelahan.

Interaksi Obat

Pemakaian Amikacin bersamaan dengan sefalosporin dan antibiotik aminoglikosida lain akan meningkatkan nefrotoksisitas.

Penggunaa’an Obat Untuk Wanita Hamil

FDA (badan pengawas obat dan makanan amerika serikat) mengkategorikan amikacin kedalam kategori D dengan penjelasan sebagai berikut :

Terbukti beresiko terhadap janin manusia berdasarkan bukti-bukti empiris yang didapatkan dari investigasi, pengalaman marketing maupun studi terhadap manusia. namun jika benefit yang diperoleh dipandang lebih tinggi dari resiko yang mungkin terjadi, misal penyelamatan nyawa maka obat ini bisa diberikan.

Perhatian & Peringatan

  • Amikacin Tidak dianjurkan untuk digunakan oleh wanita hamil dan menyusui.
  • Harap hati-hati bagi lansia dan bagi yang menderita gangguan hati, gangguan ginjal, dehidrasi, gangguan pendengaran, myastenia gravis, asma, gangguan saraf (misalnya penyakit Parkinson), serta yang menjalani prosedur dialisis.
  • Pastikan Anda meminum banyak air selama menggunakan amikacin.
  • Periksaan kondisi kesehatan secara rutin juga dianjurkan. Langkah ini akan membantu dokter untuk memantau perkembangan kondisi Anda serta tingkat keefektifan obat.
  • Jika gejala Anda tidak kunjung membaik dalam lima hari, konsultasikanlah lebih lanjut dengan dokter. Penggunaan amikacin umumnya dianjurkan untuk jangka pendek, yaitu tidak lebih dari 2 minggu.
loading...
AMIKASIN OBAT |
Amikacin Khabib M 13 Mei 2016. Amikacin

Definisi Obat Amikacin adalah salah satu jenis obat antibiotik aminoglikosida yang merupakan hasil sintesis dari kanamycin yang digunakan secara luas untuk melawan, membunuh dan menghambat perkembangan bakteri penyebab infeksi, akan tetapi infeksi akibat virus (seperti flu atau pilek) tidak bisa diobati dengan antibiotik ini. Obat ini umumnya digunakan untuk jangka pendek dalam menangani bermacam-macam infeksi […]

4.9 Khabib M

Kolom Tanya Jawab

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *