Aluminium Hidroksida

Loading...

Definisi Obat

Aluminium hidroksida adalah salah satu jenis obat antasida. Obat ini fungsikan untuk menangani gejala akibat produksi asam lambung yang berlebihan. Beberapa contoh gangguan pencernaan yang dapat ditangani oleh obat ini adalah penyakit asam lambung, nyeri ulu hati, dan dispepsia.

Selain gangguan pencernaan, aluminium hidroksida juga dapat digunakan untuk menurunkan kadar fosfat yang diserap tubuh dari makanan. Obat ini bekerja dengan mengikat fosfat agar tidak diserap tubuh.

Aluminium hidroksida ditemukan di alam sebagai gibbsite mineral (juga dikenal sebagai hydrargillite).
Nama-nama lain dari Aluminium hidroksida adalah Aluminic acid, Aluminic hydroxide, Aluminium hydroxide, Hydrated alumina, Orthoaluminic acid.

gambar obat aluminium hidroksida

Contoh : Obat Generik Antasida Doen 200mg Produksi Kimia Farma

Nama Generik Aluminium hydroxide
Nama Obat Bermerek Dagang Antasida Doen, Armoxindo, Valeant
Jenis Obat Antasida
Golongan Obat Obat Bebas
Dikonsumsi Untuk – Dewasa,
– Anak-anak, hanya untuk menurunkan kadar fosfat
Bentuk Sediaan Tersedia dalam kemasan Kapsul, tablet, dan obat cair untuk diminum
Indikasi – Menetralisir asam lambung yang berlebihan,
– Menurunkan kadar fosfat yang tinggi misalnya pada penderita penyakit ginjal
Kontra Indikasi

Cara Kerja Obat

Aluminium hidroksida bekerja dengan cara menetralisir asam lambung yang ada. Dengan demikian, obat ini melindungi dinding lambung dari peradangan akibat asam yang berlebihan.

Dosis Obat

Penggunaan aluminium hidroksida tergantung pada kondisi yang diobati, tingkat keparahannya, kesehatan pasien, dan responsnya terhadap obat. dosis umum untuk orang dewasa adalah sebagai berikut:
– Menurunkan kadar asam lambung : 1.9 gram
– Menurunkan kadar fosfat : 2-10 gram
Jika digunakan untuk menurunkan kadar fosfat yang berlebihan, tanyakan pada dokter dan ikuti anjurannya!

Loading...

Efek Samping Obat

Aluminium hidroksida bisa juga menimbulkan efek samping, yang paling umum terjadi selama mengkonsumsi aluminium hidroksida adalah konstipasi. Jika dibiarkan, konstipasi dapat mengakibatkan hemoroid dan gangguan usus. Segera hubungi dokter jika Anda mengalami gejala-gejala seperti: Kesulitan menelan, Sering muntah dan Penurunan berat badan.

Interaksi Obat

Aluminium hidroksida akan memengaruhi kinerja obat-obat lain sehingga dapat mengganggu penyerapannya oleh tubuh. Anda sebaiknya menunggu 1-2 jam sebelum atau sesudah menggunakan antasida ini jika ingin mengonsumsi obat lain.

Perhatian & Peringatan

  • Gunakanlah aluminium hidroksida sesuai keterangan pada kemasan dan tanyakan pada dokter jika Anda ragu. Obat ini perlu dikonsumsi dengan makanan atau setelah makan.
  • Hanya diberikan kepada anak-anak dengan tujuan menurunkan kadar fosfat, tidak diberikan untuk mengatasi gangguan pencernaan pada anak-anak.
  • Harap waspada bagi penderita gangguan ginjal, gangguan hati, hipofosfatemia (kadar fosfat rendah dalam darah), dan porfiria.
  • Wanita yang mencoba untuk hamil, sedang hamil, atau sedang menyusui sebaiknya menghubungi dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan obat ini.
  • Pastikan Anda banyak minum dan meningkatkan konsumsi serat seperti buah, sayur, dan gandum agar dapat meminimalisasi efek samping sembelit yang mungkin timbul.
  • Selama menggunakan aluminium hidroksida untuk mengobati gangguan pencernaan, hindari konsumsi makanan atau minuman yang dapat memperparah gejala Anda. Misalnya cokelat, tomat, minuman keras, dan minuman berkafein, khususnya kopi.
  • Pastikan ada jarak waktu yang cukup antara satu dosis dengan dosis berikutnya. Usahakan untuk mengonsumsi aluminium hidroksida pada jam yang sama tiap hari untuk memaksimalisasi efeknya.
  • Jangan dikonsumsi bersamaan dengan obat lain. Berikan jeda waktu 1-2 jam.
  • Bagi Anda yang menggunakan obat ini untuk menurunkan kadar fosfat, disarankan untuk menjalani pemeriksaan rutin ke dokter untuk memantau perkembangan kondisi Anda.
  • Apabila lupa mengonsumsi aluminium hidroksida, disarankan segera meminumnya begitu teringat jika jadwal dosis berikutnya tidak terlalu dekat. Jangan menggandakan dosis obat pada jadwal berikutnya untuk mengganti dosis yang terlewat.
  • Jika terjadi reaksi alergi atau overdosis, segera hubungi dokter.
komposisi antasid dan nama obat paten | nama paten obatantasida |
Aluminium Hidroksida medlineplus.gov 13 Mei 2016. Aluminium Hidroksida

Loading… Definisi Obat Aluminium hidroksida adalah salah satu jenis obat antasida. Obat ini fungsikan untuk menangani gejala akibat produksi asam lambung yang berlebihan. Beberapa contoh gangguan pencernaan yang dapat ditangani oleh obat ini adalah penyakit asam lambung, nyeri ulu hati, dan dispepsia. Selain gangguan pencernaan, aluminium hidroksida juga dapat digunakan untuk menurunkan kadar fosfat yang […]

4.9

Kolom Tanya Jawab

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *