Indeks_Obat A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z

Alpha-Lipoic Acid

Definisi Obat

Alpha-lipoic acid (ALA) atau Asam lipoat (LA) adalah salah satu jenis antioksidan yang diproduksi secara alami di dalam tubuh. walaupun begitu, alpha-lipoic acid (ALA) atau lipoic acid (LA)juga bisa didapatkan dari asupan makanan seperti kentang, bayam, brokoli, ubi jalar, ragi, tomat, kubis, wortel, bit, dedak padi,dan jeroan.
images for mecola forte alpha lipoic acid
Alpha-lipoic acid adalah zat yang digunakan sebagai obat terapi penunjang diabetes dan sebagai antioksidan
Antioksidan ini kemudian banyak ditemukan sebagai salah satu kandungan di dalam suplemen multivitamin karena dipercaya efektif dalam menangani beberapa penyakit, seperti:

  • Suplemen Alpha-lipoic acid dipercaya bisa membantu menormalkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2.
  • Suplemen Alpha-lipoic acid oral dipercaya mampu meredakan gejala-gejala neuropati diabetik yang berupa nyeri, rasa panas, dan mati rasa pada lengan dan tungkai.
  • Suplemen ALA juga dipercaya dapat menurunkan berat badan.
  • Suplemen Alpha-lipoic diberikan pada pasien Sebelum atau sesudah menjalani tindakan bypass jantung untuk mengurangi risiko komplikasi dari tindakan.

Suplemen yang mengandung Alpha-lipoic acid dosis tinggi telah digunakan di beberapa negara Eropa untuk mengobati beberapa jenis kerusakan saraf. Studi menunjukkan zat ini juga bisa digunakan oleh penderita diabetes tipe 2 untuk meningkatkan konduksi dan fungsi sel saraf.

Nama Generik Alpha-Lipoic Acid (ALA)
Obat Merek Dagang Alpha-Lipoic Acid (ALA), Ala 600, Alabetic, Alanox 200 mg Tablet, Aldovas kapsul, Alicron kapsul, Canergy Tablet, Co-vitala Kapsul, Good Life Fres Diab, Kapset Kapsul, Larota, Maxiliv Kapsul, Mecola, Mecola Forte, Mitolife kapsul, Neofer, Proliva Tablet, Qtencom, Seloxy AA, Tiola, Univoxy, Vitala
Jenis Obat Suplemen
Golongan Obat Obat bebas dan resep
Dikonsumsi Untuk Dewasa dan anak
Bentuk Sediaan Tablet, Kapsul
Indikasi Kegunaan Alpha-lipoic acid adalah sebagai suplemen untuk penderita neuropati diabetik (kerusakan saraf yang disebabkan oleh diabetes). Beberapa penelitian telah menemukan bahwa senyawa ini juga dapat memperbaiki resistensi insulin. Senyawa ini tampaknya mengurangi gejala seperti rasa sakit, kesemutan, dan sensasi tusukan di kaki. Suplemen Alpha-lipoic acid juga dapat membantu melindungi retina dari beberapa kerusakan yang dapat terjadi pada penderita diabetes.
Kontra Indikasi Jangan digunakan bagi penderita yang memiliki riwayat hipersensitif (Alergi) terhadap obat ini

Dosis Obat

Berikut ini dosis alpha-lipoic acid:

  • Diabetes tipe 2 dan neuropati diabetik dosisnya adalah 300 – 1.800 mg per hari
  • Untuk menurunkan berat badan dosisnya adalah 1.800 mg per hari
  • Untuk mencegah neuropati diabetik : 600 mg/hari.
  • Untuk mengobati neuropati diabetik : 1-3 x sehari 600 mg.
  • Sebagai suplemen untuk penderita diabetes : 1 x sehari 600-1200 mg.
  • Operasi bypass jantung ALA dikombinasikan dengan beberapa obat sesuai dosisnya masing-masing, dosis untuk alpha-lipoic acid sebanyak 100 mg tiga kali sehari
  • Sebagai antioksidan : 600 mg/hari

Bagi pasien yang sedang mengonsumsi obat diabetes, Alpha-lipoic acid berisiko menurunkan kadar gula dalam darah sehingga dosis yang dikonsumsi harus sesuai dengan kondisi kesehatan, usia, dan respons tubuh.

Cara Minum Obat Yang Baik dan Benar

  • Bacalah aturan pakai yang tertera pada kemasan, atau ikuti dosis yang disarankan oleh dokter.
  • Kapsul alpha-lipoic acid sebaiknya dikonsumsi saat perut kosong atau 30 menit sebelum makan. Telan kapsul secara utuh dan jangan menghancurkan atau mengunyahnya di dalam mulut.

Efek Samping Obat

Sama seperti obat-obat lain, semua obat pasti berpotensi efek samping, namun reaksi orang terhadap sebuah obat berbeda-beda.
Efek samping yang mungkin terjadi setelah menggunakan suplemen alpha-lipoic acid antara lain : Mual, Muntah, Pusing, Nyeri lambung, konstipasi, diare, ruam dan iritasi kulit.

Interaksi Obat

Berikut ini adalah interaksi alpha lipoic acid dengan obat-obatan lain

  • Penggunaan bersamaan dengan obat diabetes bisa membuat kadar gula darah turun terlalu rendah.
  • Alpha-lipoic acid juga bisa menurunkan efek obat kemoterapi.
  • Alpha lipoic acid bisa juga berinteraksi dengan antibiotik, antiinflamasi, obat penenang, vasodilator (digunakan untuk penyakit jantung atau tekanan darah tinggi), dan obat-obatan untuk osteoarthritis.

Penggunaa’an Obat Untuk Wanita Hamil

Obat ini masuk dalam kategori N yang berarti belum dikategorikan. Sampai saat ini, alpha-lipoic acid belum diketahui bisa diserap ke dalam ASI atau tidak. Ibu menyusui disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum mengonsumsi suplemen ini.

Peringatan dan Perhatian

  • Hubungi dokter bila merasakan gejala-gejala efek samping yang tidak wajar, tidak kunjung sembuh atau gejala buruk lainnya yang anda curigai berhubungan dengan obat ini.
  • Harap berhati-hati bagi penderita diabetes yang sedang dalam perawatan, tidak disarankan mengonsumsi suplemen ini tanpa seizin dokter, karena dikhawatirkan dapat menyebabkan kadar gula darah menjadi terlalu rendah.
  • Hentikan kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol ketika sedang menjalani pengobatan dengan suplemen alpha-lipoic acid.
  • Simpan suplemen ALA pada suhu ruangan yang sejuk dan kering, serta hindarkan dari paparan sinar matahari langsung dan jangkauan anak-anak.

Harga Obat

Berikut ini adalah kisaran dan perkiraan harga obat alpha-lipoic acid yang dapat anda beli di apotik

  • MECOLA FORTE TAB (Pharmaceutical : Lapi Laboratories): Rp 52.000,- / Strip
  • MECOLA TAB : Rp 31.000,- / Strip
  • ALA 600MG (Pharmaceutical:Simex ): Rp 50.000,- / Strip
  • SELOXY AA TAB : Rp 50.000,- / Strip

Catatan : untuk obat dengan merek-merek tertentu bisa jadi lebih mahal, sebagai rekomendasi untuk mendapatkan harga obat yang murah, belilah obat yang diproduksi oleh kimia farma, indofarma, novell pharmaceutical, hexpharm jaya dan ogb dexa.

Perlu diketahui juga bahwa yang namanya harga tentulah tidak mengikat, dari tahun ketahun bisa jadi lebih mahal, namun yang kami tulis adalah harga pada umumnya atau harga yang murah.

Alpha-Lipoic Acid medlineplus.gov 18 Jan 2019. Alpha-Lipoic Acid

Definisi Obat Alpha-lipoic acid (ALA) atau Asam lipoat (LA) adalah salah satu jenis antioksidan yang diproduksi secara alami di dalam tubuh. walaupun begitu, alpha-lipoic acid (ALA) atau lipoic acid (LA)juga bisa didapatkan dari asupan makanan seperti kentang, bayam, brokoli, ubi jalar, ragi, tomat, kubis, wortel, bit, dedak padi,dan jeroan. Alpha-lipoic acid adalah zat yang digunakan […]

4.9

Kolom Tanya Jawab

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *



© 1001obat.com tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan, Seluruh tulisan di website ini ditujukan untuk kepentingan informasi semata dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti saran medis, diagnosis, dan terapi medis. 1001obat.com Tidak melayani jual beli obat ataupun peralatan medis lainnya