Indeks_Obat A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z

Albumin

Albumin adalah salah satu jenis protein yang terdapat dalam darah manusia yang di sintesis atau diproduksi oleh organ hati. Sekitar 60 persen plasma darah terdiri dari albumin. Albumin berfungsi untuk mengatur tekanan dalam pembuluh darah dan menjaga agar cairan yang terdapat dalam pembuluh darah tidak bocor ke jaringan tubuh sekitarnya.

Kadar normal albumin dalam darah berkisar antara 3,5 sampai 4,5 mg/dL. Ketika kadar albumin lebih rendah dalam darah (hipoalbuminemia), pasien akan membutuhkan albumin dari luar untuk meningkatkan albumin ke nilai normal. Kondisi rendahnya kadar albumin (hipoalbumin)dapat disebabkan oleh pasokan asam amino yang tidak memadai dari protein dan absorsi protein yang tidak kuat. Lazimnya hipoalbumin ditemukan pada pasien dengan kondisi kronis seperti penderita kanker, luka akibat pembedahan, luka bakar, gagal ginjal, penyakit hati, penyakit saluran cerna kronik, radang atau infeksi dan diabetes mellitus.

albumin infus merek octalbin

Gambar produk albumin infus merek octalbin

Albumin tambahan dapat diberikan dalam bentuk infus, Infus albumin akan mengganti albumin yang kurang dalam darah, dan meningkatkan tekanan di dalam pembuluh darah sehingga cairan di luar pembuluh darah akan menuju ke dalam pembuluh darah.

suplemen albumin herbal kapsul dari ikan

Gambar supplemen albumin kapsul

Harga infus albumin tergolong mahal, bisa dibilang sampai jutaan, oleh karena itu sekarang ini banyak di jual suplemen albumin yang berasal dari ikan, seperti ikan gabus atau ikan kutuk, dan dikemas dalam bentuk kapsul dan tentunya harganya juga jauh lebih murah, sekitar ratusan ribu saja. Namun tujuan suplemen albumin hanya untuk menjaga agar kadar albumin selalu dalam keadaan normal dan bukan untuk mengobati seperti halnya cairan infus.

Nama Albumin
Nama Merek Dagang Octalbin, Plasbumin, Survanta, Zenalb, Albuminar, Albunorm, Albapure, Human Albumin Behring, Human Albumin Grifols.
Jenis Obat Obat Resep
Golongan Obat Obat Keras
Dikonsumsi Untuk Dewasa dan anak-anak
Bentuk Sediaan Cairan infus
Indikasi Menangani kekurangan albumin, sebagai terapi penunjang pada syok hipovolemik dan sebelum dilakukan transfusi tukar pada penyakit kuning bayi baru lahir
Kontra Indikasi

Dosis Obat

Pada umumnya Dosis rata-rata yang diberikan umumnya tergantung pada usia, kondisi kesehatan, dan respons pasien terhadap obat. Berikut ini dosis infus albumin untuk anak-anak dan dewasa:

  • Hipoalbuminemia Dewasa: dosis diberikan maksimal 2 g/kgBB per hari, dengan kecepatan infus 5 ml per menit (untuk larutan 5%) atau 1-2 ml per menit (untuk larutan 20%)
  • Penyakit kuning pada bayi baru lahir Bayi baru lahir: 1 g/kgBB yang diberikan sebelum transfusi tukar, dengan kecepatan infus 5 ml per menit (untuk larutan 5%) atau 1-2 ml per menit (untuk larutan 20%)
  • Syok hipovolemik Dewasa: 25 g, dengan kecepatan infus 5 ml per menit (untuk larutan 5%) atau 1-2 ml per menit (untuk larutan 20%). Respons pasien terhadap pemberian albumin akan dinilai kembali oleh dokter.
  • Anak-anak: maksimal 1 g/kgBB, dengan kecepatan infus 5 ml per menit (untuk larutan 5%) atau 1-2 ml per menit (untuk larutan 20%). Jumlah infus yang diberikan akan disesuaikan dengan respons pasien.
    Menggunakan Albumin dengan Benar

Cara Penggunaan Obat Yang Baik dan Benar

Infus albumin akan diberikan oleh dokter atau tenaga medis sesuai dengan instruksi dokter, suster atau Tenaga medis yang bertugas mengambil darah akan melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Melilitkan sabuk elastis di sekitar lengan bagian atas Anda untuk menghentikan aliran darah. Hal ini membuat pembuluh darah di bawah ikatan membesar sehingga memudahkan untuk menyuntikkan jarum ke dalam pembuluh
  • Membersihkan bagian yang akan disuntikkan dengan alkohol
  • Menyuntikkan jarum ke dalam pembuluh darah.
  • Memasangkan tabung ke jarum suntik untuk diisi dengan darah
  • Melepaskan ikatan dari lengan Anda ketika pengambilan darah dirasa sudah cukup
  • Menempelkan kain kasa atau kapas pada bagian yang disuntik, setelah selesai disuntik
  • Memberi tekanan pada bagian tersebut dan kemudian memasang perban

Efek Samping Obat

Beberapa efek samping yang bisa terjadi saat infus albumin, sperti : Sensasi rasa panas dan berkeringat (hot flushes), Biduran atau Urtikaria, Demam, Haus, Peningkatan tekanan darah, Sakit kepala, Mual dan muntah, Detak jantung meningkat (takikardia) atau menurun (bradikardia).

Penggunaa’an Obat Untuk Wanita Hamil

FDA (badan pengawas obat dan makanan amerika serikat) mengkategorikan obat ini kedalam kategori C dengan penjelasan sebagai berikut :

Penelitian pada reproduksi hewan telah menunjukkan efek buruk pada janin dan tidak ada studi yang memadai dan terkendali dengan baik pada manusia, namun jika potensi keuntungan dapat dijamin, penggunaan obat pada ibu hamil dapat dilakukan meskipun potensi resiko sangat besar.

Penelitian pada hewan memang tidak selalu bisa dijadikan dasar keamanan pemakaian obat terhadap wanita hamil. Namun fakta bahwa obat ini telah menunjukkan efek buruk pada janin hewan harus menjadi perhatian serius jika ingin menggunakan obat ini untuk wanita hamil. Disarankan hanya digunakan jika tidak ada pilihan lain yang lebih aman.

Peringatan dan Perhatian

Perhatikan isi kemasan albumin sebelum digunakan. Cairan albumin jernih dan tanpa partikel. Jangan digunakan jika cairan telah berubah warna, berisi partikel, atau kemasannya bocor. Mintalah pada petugas medis untuk memberikan yang baru.
Berikut ini adalah beberapa pilihan pengobatan untuk menangani masalah kekurangan albumin, meliputi:

  • Transfusi albumin
  • Memperbaiki pola makan dengan lebih banyak mengonsumsi protein seperti kacang-kacangan, telur, ikan, produk susu.
  • Jika anda menderita penyakit ginjal, cara yang tepat dengan minum obat tekanan darah yang membantu mengurangi pelepasan albumin melalui urin.
  • Berhenti minum minuman beralkohol karena alkohol dapat menurunkan kadar protein dalam darah yang akan memperburuk kondisi Anda.

Harga Obat

Produk dibawah ini akan membantu mengatasi kekurangan albumin, kisaran harga tersebut kami peroleh dari apotik:

  • Vipalbumin 4g Dry Syr 3s : Rp 212.401,- / Dos
  • Vipalbumin : Rp 237.600,- / Pcs
  • Vitabumin Madu Albumin 130ml : Rp 80.476,- / Botol
  • Albusmin Cap 30s : Rp 199.650,- / Pcs
Albumin medlineplus.gov 04 Jan 2019. Albumin

Albumin adalah salah satu jenis protein yang terdapat dalam darah manusia yang di sintesis atau diproduksi oleh organ hati. Sekitar 60 persen plasma darah terdiri dari albumin. Albumin berfungsi untuk mengatur tekanan dalam pembuluh darah dan menjaga agar cairan yang terdapat dalam pembuluh darah tidak bocor ke jaringan tubuh sekitarnya. Kadar normal albumin dalam darah […]

4.9

Kolom Tanya Jawab

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *



© 1001obat.com tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan, Seluruh tulisan di website ini ditujukan untuk kepentingan informasi semata dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti saran medis, diagnosis, dan terapi medis. 1001obat.com Tidak melayani jual beli obat ataupun peralatan medis lainnya