Albendazole

Definisi Obat

Albendazole dipasarkan sebagai Albenza antara lain adalah obat yang digunakan untuk pengobatan berbagai infestasi cacing parasit.
Albendazole adalah kelompok obat antelmintik yang berfungsi mengatasi infeksi yang disebabkan oleh cacing, seperti cacing pita babi, cacing tambang, cacing cambuk, cacing gelang, dan cacing kremi.

Albendazole dikembangkan pada tahun 1975 Pada Daftar Organisasi Kesehatan Dunia Obat Esensial, obat yang paling penting yang dibutuhkan dalam sistem kesehatan dasar.
Di Afrika, albendazole digunakan untuk mengobati filariasis limfatik sebagai bagian dari upaya untuk menghentikan penularan penyakit.
Albendazole adalah agen antihelminthic spektrum luas dari jenis benzimidazole

Gambar obat albendazole

Photo : Albendazole Generik 400mg Produksi Kimia Farma

Nama Generik Albendazole
Nama Obat Bermerek Dagang Albenza
Jenis Obat Antelmintik
Golongan Obat Obat Keras, Obat Resep
Dikonsumsi Untuk Dewasa dan anak-anak di atas usia 2 tahun.
Bentuk Sediaan Tablet
Indikasi Mengatasi infeksi akibat parasit cacing.
Kontra Indikasi

Cara Kerja Obat

Albendazole bekerja dengan cara mencegah cacing menyerap gula atau glukosa, hingga akhirnya kehabisan energi dan mati.

loading...

Dosis Obat

Albendazole umumnya dikonsumsi satu tablet 100 mg 2x sehari, selama 3 hari berturut-turut. Pengulangan dosis ini bisa dilakukan dengan jeda 2 minggu, jika dicurigai infeksi muncul kembali.

Efek Samping Obat

Setiap orang mempunyai reaksi yang berbeda-berda terhadap sebuah obat, Beberapa efek samping yang bisa terjadi akibat mengonsumsi obat albendazole antara lain Rambut rontok (bersifat sementara), Mual dan muntah, Sakit perut,
dan Sakit kepala.
Segera hubungi dokter bila terjadi efek samping yang terus berkepanjangan, mengganggu aktivitas, atau Anda mengalami reaksi alergi.

Penggunaa’an Obat Untuk Wanita Hamil

Albendazole termasuk kategori kehamilan C di Amerika Serikat dan kategori D di Australia, yang berarti dapat membahayakan jika dikonsumsi oleh wanita hamil.

Perhatian & Peringatan

  • Albendazole tidak boleh diberikan kepada anak yang berusia di bawah dua tahun.
  • Bagi wanita hamil atau sedang merencanakan kehamilan dilarang mengkonsumsi Albendazole karena dapat menyebabkan cacat lahir. Bagi ibu yang menyusui juga sebaiknya tidak mengonsumsi obat ini karena dampaknya pada ASI belum diketahui.
  • Ketika mengonsumsi obat ini, sebaiknya batasi konsumsi minuman keras karena berpotensi meningkatkan risiko efek samping pada organ hati.
  • Harap waspada dalam mengonsumsi obat ini bagi penderita penyakit hati, penyumbatan saluran empedu, kelainan pada darah atau sumsum tulang, dan sindrom Steve-Johnson.
loading...
albendazole salep | salep albendazole | harga obat albendazole | albendazole kimia farma | harga salep albendazole | harga obat cacing albendazole | thiabendazole salep | artikel daftar obat kimia farma | harga albendazole | harga albendazole kimia farma |
Albendazole Khabib M 12 Mei 2016. Albendazole

Definisi Obat Albendazole dipasarkan sebagai Albenza antara lain adalah obat yang digunakan untuk pengobatan berbagai infestasi cacing parasit. Albendazole adalah kelompok obat antelmintik yang berfungsi mengatasi infeksi yang disebabkan oleh cacing, seperti cacing pita babi, cacing tambang, cacing cambuk, cacing gelang, dan cacing kremi. Albendazole dikembangkan pada tahun 1975 Pada Daftar Organisasi Kesehatan Dunia Obat […]

4.9 Khabib M
3 Comments

Kolom Tanya Jawab

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *