Acarbose

loading...

Definisi Obat

Acarbose adalah kelompok obat antidiabetes, terutama penyakit diabetes tipe 2, kegunaan acarbose yaitu berfungsi mengontrol kadar gula dengan cara memperlambat proses pencernaan karbohidrat menjadi senyawa gula yang lebih sederhana.
Acarbose (Acarbosa) membantu menurunkan kadar gula dalam darah setelah makan, para pengidap penyakit diabetes biasanya diberikan acarbose sebagai obat tambahan.

Acarbose tidak diperuntukkan bagi penderita diabetes yang berusia 18 tahun ke bawah, dan harus dikonsumsi sesuai dengan resep dokter.
Dalam mengendalikan diabetes, acarbose bisa dikonsumsi bersama dengan obat lainnya seperti insulin,metformin dan sulfonilurea, bila kadar gula dalam darah dapat terkontrol, maka pengidap penyakit diabetes bisa terhindar dari kerusakan ginjal, stroke, kebutaan, kerusakan saraf, serangan jantung,kehilangan keseimbangan dan disfungsi seksual.

gambar obat acarbose 100mg

Contoh Obat Acarbose Tablet 100 mg bermerek Glucobay produksi Bayer

Nama Generik Acarbose
Nama Obat Bermerek Dagang Glucobay
Jenis Obat Antidiabetes
Golongan Obat Obat Keras
Dikonsumsi Untuk Dewasa
Bentuk Sediaan Tablet
Indikasi Mengontrol kadar gula dalam darah

Dosis Obat

Dosis acarbose pada masa awal pengobatan umunya adalah 50 – 150 mg per hari. Jika tubuh penderita merespon pengobatan dengan baik, maka dalam rentang waktu minimal 6 hingga 8 minggu dosis dapat ditingkatkan menjadi 150 mg per hari. Agar mendapatkan efek pengobatan yang maksimal, acarbose hendaknya dikonsumsi secara teratur dan disesuaikan dengan pola konsumsi makanan penderita penyakit diabet.

Efek Samping Obat

Beberapa efek samping acarbose yang umumnya terjadi adalah: Mual dan muntah, Perut kembung, Kram perut, Diare dan sakit perut dan Gangguan pencernaan.
Segera hubungi dokter jika Anda mengalami sakit atau gangguan pada otot. Jika efek samping yang terjadi terus berkepanjangan, mengganggu aktivitas, atau Anda mengalami reaksi alergi segeralah periksakan ke dokter

Beberapa efek samping acarbose yang jarang sekali terjadi adalah pembengkakan pada bibir, wajah dan lidah. dan sakit kuning.

Penggunaa’an Acarbose Untuk Wanita Hamil

Acarbose aman untuk ibu hamil, Menurut FDA Amerika, obat ini termasuk dalam kategori kehamilan B, yang penjelasannya adalah bahwa

Tidak ada resiko dalam penelitian lain: penelitian reproduksi hewan telah gagal untuk menunjukkan risiko pada janin dan tidak ada studi yang memadai dan terkendali dengan baik pada wanita hamil OR Penelitian pada hewan telah menunjukkan efek buruk, tapi memadai dan terkendali dengan baik studi pada wanita hamil telah gagal untuk menunjukkan risiko pada janin di trimester apapun.

Perhatian & Peringatan

  • Dilarang mengonsumsi acarbose bagik wanita yang sedang merencanakan kehamilan atau sedang hamil, atau menyusui
  • Harap berhati-hati bagi yang memiliki gangguan ginjal, hati, memiliki hernia, maag, tukak lambung, radang usus, obstruksi usus, gangguan pencernaan, dan sedang menjalani diet diabetes.
  • Jangan mengonsumsi gula biasa (sukrosa) saat dalam fase hipoglikemia (fase di mana kadar gula darah terlalu rendah) selama mengonsumsi acarbose. Disarankan mengonsumsi glukosa jenis dextrose yang tersedia dalam bentuk tablet, sirup, atau permen.
  • Obat ini tidak boleh dikonsumsi oleh remaja di bawah usia 18 tahun.
  • Jika terjadi reaksi alergi atau overdosis, segera hubungi dokter.
nama paten acarbose | acarbose harga | acarbose obat apa | fungsi obat acarbose | glucobay adalah merek dagang dari perusahaan | harga acarbose | persamaan acarbose |
Acarbose Khabib M 09 Mei 2016. Acarbose

Definisi Obat Acarbose adalah kelompok obat antidiabetes, terutama penyakit diabetes tipe 2, kegunaan acarbose yaitu berfungsi mengontrol kadar gula dengan cara memperlambat proses pencernaan karbohidrat menjadi senyawa gula yang lebih sederhana. Acarbose (Acarbosa) membantu menurunkan kadar gula dalam darah setelah makan, para pengidap penyakit diabetes biasanya diberikan acarbose sebagai obat tambahan. Acarbose tidak diperuntukkan bagi […]

4.9 Khabib M
loading...

Kolom Tanya Jawab

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *